Rabu, 02 September 2009

INJIL ADALAH KABAR GEMBIRA TENTANG ISA AL MASIH



Sering kali kita orang Kristen mendengar bahwa "kitab Injil diturunkan oleh Alloh, dan diberikan kepada Isa putra Maryam"
Benarkah Injil diturunkan seperti konsep agama Islam???
Dalam terang ajaran Kitab Suci Perjanjian Baru, Injil bukanlah kitab seperti apa yang dikatakan menurut kacamata Islam. Injil berasal dari bahasa arab yang berarti Kabar Gembira (“Evanggelion”, “Evanggel”, “Injil”). Allah berfirman pada akhir zaman kepada umat manusia melalui Yesus. Yesus bukanlah seorang nabi biasa yang diberikan kitab Injil, melainkan adalah Firman Allah yang keluar dari Allah dan diturunkan(nuzul) ke dalam rahim Perawan Maryam melalui kuasa Roh Kudus(dalam ajaran Kristen, Roh Kudus bukan malaikat Jibril/Gabriel seperti dalam ajaran Islam, melainkan Roh Allah sendiri). Seperti dalam ajaran Islam, Alloh berfirman kepada bangsa Arab melalui Al Quran yang diturunkan kepada nabi Muhammad. Jadi disini Yesus adalah FIRMAN ALLAH(KALIMATULLAH/KALAMULLAH) yang mempunyai hubungan pararel dengan AlQuran dalam Islam. Disini Yesus memberitakan KERAJAAN ALLAH kepada semua manusia, dan yang diberitakan Yesus adalah KABAR GEMBIRA(INJIL)tentang Yesus Kristus, Firman Allah yang menjadi manusia itu sendiri, bukan Yesus berdakwah membawa kitab Injil. Karena FIRMAN ALLAH diturunkan dalam bentuk manusia(Yesus) maka KABAR GEMBIRA (INJIL) yang diberitakan Yesus tidak menggunakan satu bahasa yang terikat(misal bahasa Aram. Arab, Yunani, dsb), seperti Al Quran yang terikat bahasa Arab. Kenapa Al Quran ditulis dengan bahasa Arab dan tidak boleh diganti karena Al Quran diturunkan berbentuk kitab(buku) yang bersifat paten, sehingga tidak boleh dirubah. Injil Kristen, bukanlah kitab(buku) melainkan KABAR GEMBIRA yang disampaikan dari mulut ke mulut, itu sebabnya INJIL Kristen boleh diterjemahkan dalam berbagai bahasa karena sifatnya TIDAK TERIKAT seperti Al Quran. Injil baru ditulis oleh Para Rasul Yesus setelah kebangkitan Yesus, dan di kanonkan(diresmikan) pada abad ke 3 dalam konsili Kartago. INJIL bukanlah kitab, melainkan KABAR GEMBIRA yang dibawa oleh Yesus Kristus. Amin.

3 komentar:

  1. Blog yang bagus! Selamat!
    Numpang tanya: apakah gereja ortodhox ini sama kepercayaannya dengan gereja orthodox suryani (syria)? Apakah lembaga ke-patriarkh-annya sama dengan ortodhox suryani?

    mirza.karim@karimsyah.com

    BalasHapus
  2. memang benarlah Allah yang mahakuasa. Amin

    BalasHapus
  3. Semua Gereja Orthodox mempunyai iman yang sama. Secara yurisdiksi, mempunyai wilayah(kepatriarkhan) sendiri-sendiri.

    BalasHapus

HARAP MENCANTUMKAN NAMA, EMAIL(HP/TLPN RMH). WAJIB DICANTUMKAN