Selasa, 27 April 2010

Paus Benediktus Akan Ambil Tindakan Soal Pelecehan Pastor


Vatikan -Paus Benediktus untuk pertama kalinya secara terbuka menjanjikan pengambilan tindakan terhadap skandal dunia tuduhan pelecehan seksual para pastor.

Berbicara pada audiensi yang biasa dilakukan di Lapangan Santo Petrus di Roma, Paus menyatakan dirinya dapat merasakan penderitaan korban pelecehan saat baru-baru ini mengunjungi Malta.

"Saya ikut merasakan penderitaan mereka, dan secara emosional berdoa bersama mereka, menjamin adanya tindakan gereja," kata Paus Benekditus. Meski begitu dia tidak berbicara secara rinci tentang aksi yang akan diambil oleh Vatikan.

Setelah melalui sebuah pertemuan tertutup Minggu (18/4), Vatikan mengeluarkan pernyataan yang menyebutkan bahwa gereja, berdasarkan pernyataan Paus Benediktus, akan melakukan semua hal yang berada dalam wewenangnya. Hal itu tak lain guna menegakkan keadilan atas pastor-pastor yang terlibat dalam tuduhan itu.

Pernyataan itu juga menegaskan Vatikan akan menempuh langkah-langkah yang efektif untuk melindungi anak-anak. Dan Rabu (21/4) muncul pernyataan dari Paus, walaupun tanpa rincian lebih lanjut.

Sementara itu kantor berita Associated Press melaporkan bahwa Paus sudah menerima pengunduran diri Uskup James Moriarty dari Irlandia.

Desember tahun lalu Moriarty mengaku tidak mempertanyakan praktek di masa lalu tentang penanganan kasus dugaan pelecehan anak yang dilaporkan polisi. Namun hingga saat ini masih belum ada pengumuman resmi dari Vatikan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

HARAP MENCANTUMKAN NAMA, EMAIL(HP/TLPN RMH). WAJIB DICANTUMKAN