Kamis, 11 Agustus 2011

Gelar-Gelar Orang Kudus di Gereja Orthodox Timur (1)

Oleh :
Presbyter Rm.Kirill JSL
(Omeц Кирилл Д.С.Л.)
Paroikia St. Jonah dari Manchuria, Surabaya
GEREJA ORTHODOX INDONESIA
(THE INDONESIAN ORTHODOX CHURCH)

Orang-orang melayani Allah dengan cara yang berbeda. Bapa Surgawi mencurahkan talenta-talenta dalam ukuran yang diperlukan dan menerima karya-karya masing-masing orang dalam kemuliaanNya. Gereja memuliakan para pekerja Allah dalam peringkat yang berbeda.

Tokoh-tokoh suci Gereja Orthodox Timur memiliki berbagai gelar-gelar orang kudus lazim dimana mereka diperingati pada kalender liturgis dan dalam Liturgi Suci.

Daftar berikut menjelaskan referensi itu:

1.Para Malaikat Kudus (Angels) - adalah roh-roh inkorporeal (Bodiless Powers; segenap kuasa sorgawi yang tak berjasad jasmani), para hamba Allah, para utusan dari kehendak-Nya.
Misal:
Malaikat Agung St. Mikhael dan lain: Malaikat Agung St. Gabriel, St. Raphael, St. Uriel, St. Salaphiel, St. Jedudiel, St. Barachiel, dan St. Jeremiel

2. Sang Nabi/Nabiah (Prophet; Prophetess atau seer; bhs. Yunani: προφήτης profitis yang berarti “meramalkan”): adalah orang kudus (nabi=laki-laki; nabiah=wanita) Perjanjian Lama yang yang menubuatkan masa depan atau menerima karunia kemampuan untuk tahu akan hal-hal masa depan dari Allah, yang berkaitan dengan dunia jalan penyelenggaraanNya. Seorang kudus Perjanjian Lama yang berbicara dengan ilham ilahi atau sebagai penafsir melalui siapa kehendak allah dinyatakan.
Di antara para nabi yang paling dihormati adalah:
1. Nabi Musa atau digelari Moshe Rabbenu (Ibrani: רַבֵּנוּ מֹשֶׁה, Musa Sang Guru/Rabbi kami) (bhs. Ibrani: מֹשֶׁה‎, Moshe, Mōšéh; bhs. Arab: موسىٰ Mūsa) (1391-1271 SM)
2. Nabi dan Raja Daud (bhs. Ibrani: דָּוִד, דָּוִיד, David, Dāwîḏ;; bhs. Arab: داود, Dāwūd) (kira-kira 1040–970 S.M.)
3. Nabi Sulaimān Raja Israel (bhs. Ibrani: שְׁלֹמֹה, Shlomoh, Šəlōmōh; bhs. Arab: سليمان‎ Sulaymān) (kira-kira 971 - 931 S.M.)
4. Nabi yang Mulia Elia (bhs.Ibrani: אליהו, Eliyahu; bhs.Arab: إلياس, Ilyās) (abad 9 S.M.)
5. Nabi Yunus bin Amittai (bhs.Ibrani: יוֹנָה, Yônā ; bhs.Arab: يونس‎, Yūnus) (sekitar abad 8 S.M.)
6. Nabi Daniel (bhs.Ibrani: דָּנִיֵּאל, Daniyyel ; bhs.Arab: دانيال, Danyal) (abad 7 - 8 S.M.)
7. Nabiah Sarah, Hana/Chana, Deborah/Dvorah, Miriam, Esther, Abigail/Avigail dan Hulda
8. Nabi Kudus yang Mulia, Sang Bentara Kristus dan Perintis Jalan, St. Yohanes Sang Pembaptis (bhs.Ibrani: המטביל יוחנן, Yoḥanan ha-mmatbil, bhs.Arab: يحيى‎ Yahyá atau يوحنا المعمدان Yūhannā al-ma’madān) (kira-kira 6–2 S.M. – kira-kira 36 M.)

3. Para Rasul (Apostles): adalah murid Kristus, menyertai-Nya dalam pelayanan umumNya di masyarakat, dan kemudian menyebarkan iman ke seluruh dunia.
Misal:
1.) St. Petrus Sang Rasul (bhs. Yunani: Πέτρος, Pétros) atau St. Simon Kephas (bhs Yunani: Σιμων Κηφᾶς, Simōn Kēphas; Aramaik: Šimʻōn Kêfâ‎; Syria: Sëmʻān Kêfâ), yang Terutama/Dituakan dari Para Rasul (1 S.M.-67 M.). Nama aslinya adalah Simon bar Yunus; [Mrk. 3:16] adalah seorang nelayan dari Betsaida "di Galilea" [Yoh 1:44], lih. Yoh 12:21. Juga dikenal sebagai Simon bar Jochanan (Aram), Kefas (Aram.), dan Simon Petrus. Setelah bekerja untuk mendirikan gereja Antiokhia selama tujuh tahun memimpin sebagai uskup kota dan berkotbah kepada komunitas-orang percaya (Yahudi, Kristen Ibrani dan orang kafir), di Pontus, Galatia, Kapadokia, Asia Kecil dan Bitinia, Petrus pergi ke Roma, karena itu St. Petrus adalah Patriarkh pertama dari Takhta Suci Rasuliah Patriarkhat Antiokhia, Gereja Orthodox Syria (tahun 45-53).
2.) St. Andreas Sang Rasul (bhs. Yunani: Ἀνδρέας, Andreas; awal abad ke-1-pertengahan hingga akhir abad 1), dalam tradisi Orthodox disebut sebagai Prōtoklētos, atau Yang Pertama-Dipanggil, adalah Rasul Kristen dan saudara Santo Petrus, seorang nelayan Betsaida, dan mantan murid St. Yohanes Pembaptis. Nama "Andreas" (bhs. Yunani: jantan, berani, dari ἀνδρεία, Andreia, "kedewasaan, keberanian"), seperti nama Yunani lainnya, tampaknya telah umum di kalangan orang-orang Yahudi dari abad ke-3 SM atau 2. Tidak ada nama Ibrani atau bahasa Aram dicatat baginya. Dia dianggap sebagai pendiri dan uskup pertama Gereja Byzantium dan akibatnya santo pelindung dari Patriarkhat Ekumenis Konstantinopel.
3.) St. Yakobus Sang Rasul (wafat 44; bhs. Ibrani: יעקב, Ya’aqov) adalah salah satu dari keduabelas rasul Yesus. Ia adalah putra dari Zebedeus dan Salome, juga merupakan saudara dari St. Yohanes, ia dan saudaranya disebut Bo-aner'ges yang berarti anak-anak guruh. Ia disebut Yakobus besar untuk membedakannya dengan rasul lainnya yakni Yakobus anak Alfeus.
4.) St. Yohanes Sang Rasul (kira-kira 6 – kira-kira 100) atau Yohanes Sang Murid Terkasih (bhs. Yunani Kuno: Ἰωάννης; Ionnes), saudara St. Yakobus. Yesus menamakan keduanya Bo-aner'ges, yang berarti "anak-anak guruh'.'"[ Mrk 3:17]
5.) St. Filipus (bhs. Yunani: Φίλιππος, Philippos; wafat kira-kira 80): Dari Betsaida di Galilea [Yoh. 1:44] [12:21]. Tradisi Kristen kemudian menjelaskan Filipus sebagai rasul yang berkhotbah di Yunani, Suriah, dan Frigia.
6.) St. Bartolomeus Sang Rasul (wafat abad 1; bhs. Yunani: Βαρθολομαίος; transliterasi: "Bartholomaios") berasal dari bahasa Aram bar-Tôlmay (תולמי - בר), berarti putra Tolmay (Ptolemy) atau anak dari furrows (mungkin pembajak), putra Talemai, biasanya diidentifikasi dengan Natanael, yang disebutkan dalam Yoh. 1:45-51. Bersama dengan sesama Rasul, St. Yudas Tadeus, Bartolomeus dianggap telah membawa Kekristenan ke Armenia di Kaukasia pada abad ke-1, bahkan ke India. Jadi kedua orang kudus ini dianggap orang-orang kudus pelindung dari Gereja Apostolik Armenia dan Gereja Orthodox Assyria Timur (Gereja Nestorian).
7.) St. Matius Sang Rasul dan Penginjil (wafat abad 1; מתי/מתתיהו, "Anugerah dari Yahweh", Ibrani Standar dan Ibrani Tiberian: Mattay or Mattithyahu; bhs. Yunani Septuaginta: Ματθαῖος, Matthaios), adalah si pemungut cukai. Kesamaan antara Mat. 9:9-10, Mrk 2:14-15 dan Luk. 5:27-29 mungkin menunjukkan bahwa Matius juga dikenal sebagai Lewi.
8.) St. Thomas Sang Rasul (wafat 72): Yudas Thomas Didimus - = bhs. Aram: Toma' = kembar, dan bhs. Yunani: Didymos = kembar. Thomas si peragu. St. Thomas melakukan karya misi sampai ke Syria, Persia dan India. Gereja Orthodox Syria Malankara percaya bahwa Rasul Thomas mendirikan Gereja di India dan Katolikos Orthodox Malankara pertama. Begitu juga Gereja Assyria Timur atau Gereja Nestorian yang disebut juga Gereja Assyria Timur yang Kudus, Katolik dan Apostolik menganggap Mar Thoma Shilkha (St. Thomas Sang Rasul), Tulmay (St. Bartolomeus Sang Rasul) dan Mar Addai (St. Thaddeus dari Edessa) sebagai Katolikos-Patriarkhnya yang pertama.
9.) St. Yakobus Sang Rasul, anak Alfeus (wafat 62; bhs. Yunani: Ἰάκωβος, Iakōbos). Umumnya diidentifikasi dengan "Yakobus Kecil", dan juga dikenal dengan "Yakobus yang Adil".
10.) St. Yudas Tadeus Sang Rasul (wafat abad 1): Dalam beberapa manuskrip Matius, nama "Lebbaeus" terjadi di tempat ini. Tadeus secara tradisional diidentifikasi dengan Yudas; lihat di bawah.
11.) St. Simon orang Zelot Sang Rasul bhs. Ibrani Standar: Šim’on, Ibrani Tiberian: Šim’ôn), Simon Zelotes, Simon Kananaios atau Simon Cananeus (wafat 107): Beberapa telah mengidentifikasi dirinya dengan Simeon dari Yerusalem.
12.) St. Matthias Sang Rasul (wafat kira-kira 80; transliterasi Ibrani: Mattityahu)), yang menggantikan Yudas Iskariot yang mengkhianati Yesus
13.) St. Paulus dari Tarsus (bhs. Yunani Kuno: Παῦλος (Paulos); Ibrani: שאול התרסי‎; Ša’ul HaTarsi) , Rasul untuk kaum Goyim (bangsa-bangsa kafir) (kira-kira 5 –67M.)
14.) St. Barnabas Sang Rasul (bhs. Yunani Kuno: Βαρναβᾶς), Rasul untuk Antiokhia dan Siprus (wafat 61)
15.) St. Silas atau St. Silvanus (wafat kira-kira 50) (bhs. Yunani:. Σίλας / Σιλουανός) adalah anggota terkemuka dari komunitas Kristen awal, yang kemudian menemani Paulus dalam beberapa perjalanan misinya.
16.) St. Andronicus dari Pannonia dan Junia (abad 1)
17.) St. Timótius (kira-kira 17-80; bhs. Yunani: Τιμόθεος; Timótheos), Uskup Efesus
18.) St. Apollos (bhs. Yunani: Απολλως; berasal dari: Apollonius), Uskup Korintus (abad 1)
19.) Tujuh Puluh Murid atau Tujuh puluh dua murid atau 70 Rasul-rasul: St. Yakobus, saudara Tuhan, St. Kleopas, Uskup Yerusalem, St. Prochorus, Uskup Nicomedia, St. Timon, Uskup Bostra, St. Parmenas, Uskup Soli, St. Nicolaus, Uskup Samaria, St. Barnabas, Uskup Milan, St. Stachys, Uskup Byzantium dan Patriarkh kedua Patriarkhat Konstantinopel, St. Fiilemon, Uskup Gaza, St. Thaddeus dari Edessa, St. Markus Sang Penginjil dan Patriarkh pertama Gereja Orthodox Patriarkhat Alexandria, dll.

4. Yang disamakan dengan para Rasul (Equal-to-the-Apostles; bhs. Yunani: ἰσαπόστολος, isapostolos; Rusia: равноапостольный, ravnoapostolni): adalah orang kudus yang, seperti Para Rasul, bekerja keras untuk mengubah negara dan bangsa untuk Kristus, yaitu orang yang sangat berkarya membangun Gereja, baik melalui karya misionaris secara langsung atau melalui membantu tempat Gereja dalam masyarakat
Misal:
1. Sang Pembawa Rempah-rempah Kudus dan Yang disamakan dengan para Rasul St. Maria Magdalena (abad 1)
2. Yang disamakan dengan para Rasul St. Photini, Wanita Samaria di Sumur (abad 1)
3. Yang disamakan dengan para Rasul St. Thekla, Perawan dan Martir (abad 1)
4. Yang disamakan dengan para Rasul St. Aberkius Uskup dan Pelaku Mukjizat dari Hieropolis (abad ke 2)
5. Yang disamakan dengan para Rasul St. Konstantin I, Agung (sekitar 272 – 337) dan ibunya St. Helena dari Konstantinopel (sekitar 250 –330)
6. St. Patrick, Rasul dari Irlandia (abad ke 5)
7. St. Kirill (827 – 869) dan St. Methodius (826 – 885), para Uskup, Konfesor, Yang disamakan dengan para Rasul dan Rasul untuk bangsa Slavia.
8. St. Boris I dari Bulgaria, kadang dikenal sebagai St. Boris-Mihail (Michael) (Борис-Михаил), juga St. Bogoris (meninggal 907), Pangeran dan Pembaptis Bulgaria dan Yang disamakan dengan para Rasul.
9. Yang Terberkati dan Yang disamakan dengan para Rasul St. Olga dari Kiev, juga digelari St. Olga Prekrasa (Ольга Прекраса) atau St. Olga yang Cantik (kira-kira 890 – 969)
10. St. Vladimir Svyatoslavich Agung (bhs. Slavonik Timur Kuno: Володимѣръ Свѧтославичь) atau St. Vladimir I dari Kiev, Pangeran Agung dari Kiev dan Pembaptis dari Rus (kira-kira 958 – 1015)
11. St. Kosmas dari Aetolia, St. Kosmas Orang Aetolian atau Patrokosmas ("Bapa Cosmas") (bhs. Yunani: Κοσμάς Αιτωλός, Kosmas Aitolos) (1714 – 1779), Sang Pencerah Yunani, Imam Syuhada Baru dan Yang disamakan dengan para Rasul
12. St. Nikholai Kasatkin, Yang disamakan dengan para Rasul dan Uskup Agung dari Jepang (1836 – 1912)

5. Para Hierarki Kudus (Hierarchal Saints): adalah para patriarkh, metropolitan, uskup agung dan uskup, yang mencapai kesucian dengan memperhatikan dengan tak kenal lelah dari kawanan domba (umat) mereka, menjaga iman Orthodox dari bidat dan perpecahan. Di antara sejumlah besar dari mereka terutama yang dihormati rakyat Rusia adalah berikut:
1. St. Nicholas Sang Pelaku Mukjizat, Uskup Agung dari Myra di Lycia (270-345)
2. St. Basilius yang Agung atau St. Basilius dari Caesarea, Uskup dari Caesarea Mazaca di Cappadocia, Asia Minor (Turki) (329-379)
3. St. Gregorius dari Nazianzus atau St. Gregorius Sang Teolog, Uskup Agung Konstntinopel (330 - 389 atau 390)
4. St. Yohanes Krisostomus, Patriarkh dan Uskup Agung Konstntinopel (349 - 407)
5. Para Hierarkis Moskow: St. Petrus (wafat 1326), St. Aleksei (wafat 1378), St. Iona (wafat 1461), St. Filipus (wafat 1569), St. Hermogenes (Germogen) (wafat 1612), St. Philaret (wafat 1867), St. Innocentius (Veniaminov) (wafat 1879) dan St. Tikhon (wafat 1925), para Metropolitan dari Moskow

6. Sang Protomartir (Protomartyr; bhs. Yunani Koine: πρότος prótos "pertama" + μάρτυρας mártyras "martir"): martir Kristen pertama di dalam wilayah tertentu atau di sebuah negara. Sebagai alternatif, frase Protomartir (tanpa kualifikasi lain dari negara atau wilayah) dapat berarti martir pertama dari gereja Kristen.
Misal:
1. Yang Kudus, Mulia dan Terpuji St. Stefanus Sang Protomartir, Rasul dan Diakon Agung (wafat 34 AD)
2. St. Tekla, Sang Perawan dan martir perempuan pertama (wafat abad 1 AD)
3. St. Alban Sang Protomartir dari Inggris (kira-kira 305)
4. St. Gayane dan St. Hreespseemeh, Protomartir Armenia (sekitar 209)
5. St. Vincensius dari Saragossa Protomartir Spanyol (wafat kira-kira 304)
6. St. Rajden atau St. Razdhen dari Tsromi Martir Pertama Persia (wafat 457)
7. St. Adalbert, Czech: Vojtěch; Polandia: Wojciech, (kira-kira 956 – 23 April 997), Uskup Prague, missionaris dan Protomartir Polandia
8. St. Juvenaly dari Alaska, atau Juvenal, Protomartir dan Hieromartir dari Amerika (1761-1795)

7. Sang Martir atau Sang Syuhada (Martyr): adalah yang di antara orang-orang kudus merupakan mayoritas, mereka memasuki kemartiran melalui penderitaan dan kematian dalam nama Kristus, karena iman yang benar, karena menolak untuk melayani berhala. Seorang martir adalah seseorang yang menderita penganiayaan dan kematian karena menolak untuk meninggalkan keyakinan atau penyebab, biasanya agama. Seorang Martir Kristen adalah orang yang memberi hidupnya untuk Kristus, mati secara fisik sebagai saksi iman. Martir sendiri berasal dari bahasa Yunani: μάρτυς, mártys μαρτυρος , yang berarti "saksi", berasal μάρτυρ-, martir-). Pada jenjang liturgis tradisional, martir adalah yang pertama diantara orang-orang kudus.
Misal:
1. Martir St. Djan Darada, orang kasim (sida-sida) Ethiopia (Eunuch; saris; seorang pria yang dikebiri) dari Ratu Sri Kandake (sekitar abad 1 M)
2. Martir Anak St. Vasilissa (300-309)
3. Martir St. Bargabdesian, Diakon di Arbela di Assyria (wafat 354)
4. Martr St. Manuel, St. Sabel dan St. Ismael dari Persia (wafat 362)
5. Martir Ratu Kudus St. Sushanik dari Georgia (wafat antara 476-483),
6. Martir Anak St. Philothea (Philofthea atau Philothei) dari Pelindung Romania (1206-1208)
7. Martir St. Shalva dari Akhaltsikhe, Georgia (wafat 1227)
8. Para rahib dari Monasteri (biara) Iveron yang dimartir oleh orang-orang Latin pada abad 13
9. Abbas St. Makarius dan 34 rahib dan novis Monasteri Valaam yang dimartir oleh kaum Protestan Lutheran: : hieromonakh/imam rahib Titus, rahib skhema Tikhon, rahib Gelasius, Sergius, Varlaam, Sabbas, Konon, Silvester, Kyprianus, Pimen, Yohanes, Simonas, Iona, Daud, Kornelius, Niphon, Athanasius, dan Serapion, dan para novis Varlaam, Athanasius, Anthonius, Lukas, Leontius, Thomas, Dionysius, Filipus, Ignatius, Basil, Pakhomius, Basil, Theofilus, Yohanes, Theodorus, dan Yohanes (wafat 1578)
10. Martir Anak St. Gabriel dari Zabludov (wafat1690)
11. Para Martir Anak dari Kekaisaran Suci Rusia: St. Alexis, St. Olga, St. Tatiana, St. Maria dan St. Anastasia (wafat 1918)
12. St. Sergius (Florinskiy), Seorang imam di Rakvere di Estonia (wafat 1918)
13. Martr Baru Tentara St. Evgeny dari Chechnya (23 Mei 1977 - 23 Mei 1996).

8. Sang Martir Agung atau Sang Syuhada Agung (Great-martyr; bhs. Yunani: μεγαλομάρτυρ, megalomartir, dari megas, "agung" + "martir"): orang yang mati syahid (mati sebagai martir; mengalami kemartiran) karena iman dan menderita penyiksaan, terutama melalui hukuman keji.
Misal:
1. St. Pantaleon atau St. Panteleimon, Sang Tabib tanpa Bayaran dan Martir Agung (kira-kira 275 - 303 AD)
2. St. Georgius Sang Martir Agung dari Lydda (kira-kira 275/281-303)
3. St. Katherina Sang Martir Agung dari Alexandria (kira-kira 282-305)
4. St. Barbara Sang Martir Agung (wafat 306)
5. St. Menas dari Mesir, Sang Martir Agung dan Pelaku Mukjizat (285 – kira-kira 309)
6. St. Theodorus Stratelates ("sang Jenderal"), dikenal juga sebagai St. Theodorus dari Heraclea, seorang Martir Agung dan Orang Kudus Prajurit (wafat 8 Februari 319)
7. St. Stefan Lazar Hrebeljanović (Kirillik Serbia : Стефан Лазар Хребељановић) (1329 – 28 Juni 1389)

9. Sang Imam Martir atau Sang Imam Syuhada (Hieromartyr): seorang martir yang juga seorang imam, yaitu mereka yang menderita kematian sebagai imam.
Misal:
1. Imam Martir St. Isidorus dan 72 sahabatnya di Yuriev (Dorpats) di Estonia, yang dibunuh oleh kaum Latin pada tahun 1472
2. Imam Martir St. Theodorus dari Kvelta, Georgia (wafat 1609)
3. St. Hermogenes (Patriarkh anti-Katolik dari Moskow "yang dimartir" oleh kaum Katolik) [1530-2/17/1612]
4. St. Juvenaly dari Alaska, atau Juvenal, Protomartir dan Hieromartir dari Amerika dan Alaska (1761-1795)
5. Hieromartir St. Metrophanes dan para Martir Baru dari Pemberontakan Pendekar (Boxer Rebellion; Yihetuan Movement), di Peking dan tempat-tempat lain (wafat 1900)
6. Hieromartir St. Hermogen dari Tobolsk (25 April 1858 - wafat 1918)
7. Imam Martir Baru (New Hieromartyr) St. Sergius Florensky dari Rakvere, Estonia (wafat 1918)

10. Sang Perawan-Martir (Virgin-martyr): seorang yang tidak menikah, non-monastik, martir perempuan yang masih suci
Misal:
1. Sang Perawan-Martir St. Seraphima dari Antiokhia (abad ke-2)
2. St. Archelais, St. Thecla, dan St. Susanna, yang dipenggal di Salerno (wafat 293)
3. St. Theodosia, Sang Perawan-Martir dari Tyre (wafat 308)
4. St. Potamiaena, Sang Perawan-Martir dari Alexandria (wafat 420)
5. Sang Perawan-Martir St. Yulia dari Kartago (wafat 440)
6. St. Cunera, Sang Perawan-Martir dari Rhenen, Netherland (wafat 451)
7. Sang Perawan-Martir St. Marcella dari Chios (wafat sekitar 1500)

11. Sang Martir Baru atau Neo Martir (New-martyr; bhs. Yunani: νεο, neo, prefiks bagi "baru ", dan μάρτυς, martys, "saksi"): seorang martir sering menyandang nama yang sama sebagai seorang martir lebih kuno, tetapi biasanya lebih baru dalam sejarah Gereja. Di Gereja Orthodox Timur pada awalnya diberikan kepada para martir yang meninggal di bawah penguasa bid'ah (mula-mula para martir yang di bawah kaum kafir). Kemudian Gereja menambahkan ke daftar mereka yang syahid (mengalami kemartiran) di bawah Islam dan berbagai rezim modern, khususnya yang Komunis, yang didukung ateisme militan. Secara resmi, era dari para Martir Baru dimulai dengan jatuhnya Konstantinopel pada tahun 1453. Di antara mereka diperingati tidak hanya mereka yang memberikan hidup mereka dalam kemartiran, tetapi juga mereka yang dicatat sebagai para Pengaku Iman (Konfesor) bagi Iman Orthodox.
Misal:

Martir Baru di bawah penguasa Turki:
1. St. Ahmad Sang Pelukis Kaligrafi (wafat 3 Mei 1682) the Deftedar
2. St. Kosmas dari Aetolia (1714 - 1779)
3. St. Paisius dan Habakkuk para rahib di monasteri Tavna dekat Čačak di Serbia (wafat 17 Desember 1814)
4. St. Konstantin Hagarit (2 Juni 1819)
5. St. Habeeb Kheshy (1894-1948)

Martir Baru di bawah penguasa komunis:
1. St. Elizabeth Fyodorovna, Grand Duchess (Puteri Bangsawan Agung) dan Biarawati dari Russia (24 Februari 1864 – 18 Juli 1918)
2. St. Nikolay II atau St. Nikolay Alexandrovich Romanov, Tsar terakhir Rusia (18 Mei 1868 – 17 Juli 1918)
3. St. Varvara Yakovleva. Biarawati (wafat 18 Juli 1918)
4. St. Benjamin/ Veniamin (Kazansky), Sang Martir Kudus, Metropolitan dari Petrograd and Gdovsk (17 April 1873 – 13 August 1922)
5. St. Tikhon Patriarkh dari Moskow (31 Januari 1865 – 7 April 1925)

Martir Baru Serbia:
1. St. Platon Uskup dari Banja Luka (29 September 1874 - 5 Mei 1941)
2. St. Rafailo (Momcilović), arkhimandrit, igumen dan ikonografer dari Monasteri Šišatovac (23 April 1875 – 3 September 1941)
3. St. Gorazd Uskup dari Prague yang dieksekusi oleh Nazi Jerman (26 Mei 1879 – 4 September 1942)
4. St. Joanikije (Lipovac) Metropolitan Keuskupan Montenegro dan daerah pesisir di Yugoslavia (16 Februari 1880 – 20 Juli 1942)

Martir Baru dari Pemberontakan para Pendekar (Yihetuan Movement ; Boxer Rebellion):
1. St. Mitrophan Yang, Imam Martir Cina Pertama (Yang Jizhong atau Yang Jisong), istrinya St. Tatiana dan ketiga puteranya: St. Isaiah; St. Sergiy, imam; dan St. Ioann (wafat 11 Juni 1900)
2. St. Ia Sang Guru (wafat sekitar 11 Juni 1900)

Martir Baru Era Modern:
1. St. Maxim Sandovich, Imam Martir (wafat 6 August 1914), dieksekusi oleh Kekaisaran Austria-Hongaria
2. St. Philoumenos (Hasapis) (15 Oktober 1913 - November 16, 1979), Arkhimandrit dan Igumen dari biara Orthodox Yunani Sumur Yakub dekat kota di Samaria, sekarang disebut Nablus (Neapolis), di Tepi Barat, dibunuh oleh ekstremis Zionis Yahudi
3. St. Paulus de Ballester-Convallier, Uskup Nazianzus di Mexico, sebelumnya seorang biarawan Fransiskan (1927-1984)
4. St. Yohanes (Karastamatis) dari Santa Cruz (1937-1985), dibunuh oleh kaum Satanis (pemuja setan)
5. Alexander Men Sang Martir (1935-wafat 9 September 1990)
6. Imam Rahib –Martir Nestor (Savchuk) (wafat 31 Desember 1993)
7. Para Martir Baru dari Pertapaan Optina: Imam Rahib Vasily (Igor Roslyakov), Rahib Trophim (Alexei Tatarnikov), Rahib Ferapont (Vladimir Pushkariov), dibunuh oleh kaum Satanis (wafat malam Paskah 1993)
8. Rahib José Muñoz-Cortes (Chili, 1950 – wafat di Yunani, 31 Oktober 1997) – belum dikanonisasikan
9. Daniel Sysoyev, Konfesor dan Martir (1974 – wafat 19 November 2009), dibunuh seorang Muslim militan

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

HARAP MENCANTUMKAN NAMA, EMAIL(HP/TLPN RMH). WAJIB DICANTUMKAN