Senin, 03 Mei 2010

Semua Gereja Orthodox itu Sama dan Satu

Orthodox Rusia, Orthodox Yunani, Orthodox Syria, Orthodox Jepang, Orthodox Korea, Orthodox Arab, Orthodox India, Orthodox Koptik, Orthodox Timur, Orthodox Oriental, dll. Sering di telinga kita mendengar kata-kata seperti itu. Dari berbagai banyak nama Gereja di atas menunjukan bahwa Gereja Orthodox itu adalah Gereja yang terpecah-pecah. Benarkah seperti itu? Seperti yang kita tahu, bahwa Kitab Suci membenci adanya perpecahan dalam tubuh:

I Korintus 1:10. Tetapi aku menasihatkan kamu, saudara-saudara, demi nama Tuhan kita Yesus Kristus, supaya kamu seia sekata dan jangan ada perpecahan di antara kamu, tetapi sebaliknya supaya kamu erat bersatu dan sehati sepikir.

I Korintus 12:25. supaya jangan terjadi perpecahan dalam tubuh, tetapi supaya anggota-anggota yang berbeda itu saling memperhatikan.


Gereja Orthodox dimanapun sejatinya tidaklah pernah terpecah-pecah seperti tuduhan kaum Protestan & Roma Katolik. Di dalam pemerintahan Gereja Purba ada istilah Pentarkhi yang artinya adalah Lima Penguasa/Pemimpin. Yaitu Konstantinopel, Roma, Aleksandria, Anthiokia, & Yerusalem. Dalam seribu tahun pertama, kelima Kepatriarkhan menjalin persekutuan yang sangat mesra antara satu sama lain. Namun, pada tahun 1054 salah satu Kepatriakhan menyatakan keluar dari persekutuan mesra dengan Keempat Patriakhat lainnya. Inilah awal perpecahan yang ditimbulkan di Barat yaitu Gereja Roma. Setelah berpisahnya Gereja Roma dengan Empat Gereja di Timur, maka Gereja Roma resmi berdiri sendiri dengan nama Gereja Roma Katolik (Roman Catholic Church). Sedangkan di Timur, Keempat Kepatriarkhan itu tetap SATU dalam persekutuan mesra dan menamakan diri Orthodox Timur (Orthos=Lurus/Benar Doxa=Pengajaran/Ajaran). Jadi, nama Gereja Orthodox bukanlah berarti kolot atau kuno seperti dalam kamus bahasa Indonesia, melaikan Gereja yang masih memegang teguh Ajaran yang Benar dari Timur. Geraja Orthodox juga bisa disebut Gereja yang Katolik (yang artinya Universal/ Kepenuhan dalam Ajarannya) bukan Gereja Roma Katolik (Universal di seluruh Gereja Roma/Kepenuhan dalam Ajaran Gereja Roma)

Seiring bertambahnya waktu, muncul Kepatriarkhan baru yang mandiri dan tetap memiliki suksesi Para Rasul (Succesio Apostolica) dalam Gereja Timur, misalnya Rusia, Serbia, Romania, Georgia dll. Meskipun terlihat mempunyai banyak anggota baru, tetapi Gereja tetaplah SATU dalam Orthodoxia (Pengajaran yang Benar), Ortholatria (Penyembahan yang Benar), dan Orthopraxia (Praktek Hidup yang Benar). Tidak ada penyimpangan, perpecahan, ataupun krisis spiritual.

Sedangkan di Gereja Roma yang kelihatannya satu, di bawah Kepausan Roma yang monarkhi bukan pentarkhi sejatinya mengalami perpecahan. Perpecahan pertama adalah Gerakan Reformasi Protestan tahun 1517 yang dipelopori pastor Matin Luther. Selanjutnya adanya Gereja Katolik Timur (East Catholic Church) yaitu Gereja Timur yang menggunakan ritus Timur akan tetapi tunduk pada Roma. Gereja-Gereja ini Tunduk pada Roma karena politik Gereja Roma hingga berhasil memecah Persatuan Gereja Orthodox Timur. Gereja ini sering kita dengar dengan nama Gereja Uniat(Persekutuan Gereja Timur dengan Paus Roma). Contoh Orthodox dengan Uniat: Kepatriarkhan Yerusalem (Orthodox) resmi menggantikan rasul Yakobus saudara Yesus dengan Kepatriarkhan Yerusalem Latin (Roma Katolik) bentukan Gereja Roma yang tidak memiliki suksesi apostolik.

Bisa dilihat bahwa Gereja Orthodox Timur yang memiliki banyak Kepatriarkhan dan budaya yang berbeda satu sama lain tetap dipersatukan dalam Orthodoxia (Pengajaran yang Benar), Ortholatria (Penyembahan yang Benar), dan Orthopraxia (Praktek Hidup yang Benar). Sedangkan Gereja Roma Katolik yang kelihatannya satu dalam persekutuan dengan Paus Roma yang esa, memiliki perpecahan gereja di dalamnya yang sejatinya umat Roma Katolikpun tidak tahu. Perlu diingat, bahwa Pemerintahan Gereja Bukalah Monarkhi (Satu Pemimpin) melainkan Pentarkhi (Lima Pemimpin), seperti Tuhan Kita Yesus Kristus memilih Dua Belas rasulNya untuk menyebarkan Kabar Gembira (Injil) BUKAN satu rasul.

Matius 10:2-8. Inilah nama kedua belas rasul itu: Pertama Simon yang disebut Petrus dan Andreas saudaranya, dan Yakobus anak Zebedeus dan Yohanes saudaranya,
Filipus dan Bartolomeus, Tomas dan Matius pemungut cukai, Yakobus anak Alfeus, dan Tadeus, Simon orang Zelot dan Yudas Iskariot yang mengkhianati Dia.
Kedua belas murid itu diutus oleh Yesus dan Ia berpesan kepada mereka: "Janganlah kamu menyimpang ke jalan bangsa lain atau masuk ke dalam kota orang Samaria,
melainkan pergilah kepada domba-domba yang hilang dari umat Israel.
Pergilah dan beritakanlah: Kerajaan Sorga sudah dekat.
Sembuhkanlah orang sakit; bangkitkanlah orang mati; tahirkanlah orang kusta; usirlah setan-setan. Kamu telah memperolehnya dengan cuma-cuma, karena itu berikanlah pula dengan cuma-cuma.

Banyak Kepatriarkhan/Gereja akan tetapi tetap SATU dalam Kristus Yesus

Roma 12:4. Sebab sama seperti pada satu tubuh kita mempunyai banyak anggota, tetapi tidak semua anggota itu mempunyai tugas yang sama,

I Korintus 12:14. Karena tubuh juga tidak terdiri dari satu anggota, tetapi atas banyak anggota.

I Korintus 12:20. Memang ada banyak anggota, tetapi hanya satu tubuh.

I Korintus 12:25. supaya jangan terjadi perpecahan dalam tubuh, tetapi supaya anggota-anggota yang berbeda itu saling memperhatikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HARAP MENCANTUMKAN NAMA, EMAIL(HP/TLPN RMH). WAJIB DICANTUMKAN