Rabu, 18 Agustus 2010

Hidup Menjadi Berbahaya Tanpa Humor - Patriarkh Kirill pada pertemuan dengan kaum Odessans

Diterjemahkan dan diedit oleh :
Presbyter Rm.Kirill JSL
(Omeц Кирилл Д.С.Л.)
Paroikia St. Jonah dari Manchuria, Surabaya
GEREJA ORTHODOX INDONESIA
(THE INDONESIAN ORTHODOX CHURCH)


Odessa (Ukraina), 23 Juli 2010 Interfax

Patriarkh Kirill I (27 Januari 2009-sekarang), Patriarkh Moskow dan Seluruh Rusia(Святейшего Кирилл I, Патриарха Московского и всея Руси) berpendapat rasa humor adalah berguna secara kualitas.

"Hidup menjadi berbahaya tanpa humor," kata Patriark Kirill pada hari Kamis dalam pertemuan dengan tokoh masyarakat di Teater Opera dan Ballet Nasional Odessa menjawab pertanyaan dari para peserta.

Warga Odessa memuji kata-katanya dengan gegap-gempita bertepuk tangan.


Patriarkh Kirill I (27 Januari 2009-sekarang), Patriarkh Moskow dan Seluruh Rusia(Святейшего Кирилл I, Патриарха Московского и всея Руси)

Patriarkh percaya bahwa "kebanyakan orang jahat kehilangan rasa humor." Menurut dia, humor "meredahkan konflik-konflik manusia, menghilangkan panas (hati; emosi) keluar dari situasi itu,” dan membuat orang-orang ke dalam suasana hati yang baik.

Patriarkh Kirill juga mencatat bahwa kualitas humor selalu tergantung pada tingkat budaya seseorang, dan kemampuannya untuk menghindari vulgar di leluconnya.

"Adalah sangat penting bagi humor ringan, bahkan meratakan konflik & perselisihan manusia dan hanya membentuk sikap optimis untuk dunia di sekitarnya," kata Sang Primat berpendapat.

Dia mengaku bahwa ia suka membaca Anton Chekhov sejak kecil, dan Chekhov adalah satu-satunya penulis masa depannya, Patriarkh pernah membaca karya Chekov dari "depan ke belakang."

Sebuah rasa humor yang diperhalus dan santun oleh Chekhov membantu Sang Primat Gereja Rusia pada tahun-tahun sulit pada masa sekolahnya, ketika sebagai orang beriman muda, rasa humor itu membuat dan meringankan penindasan dan tekanan guru-guru ateis lebih mudah dilaluinya.

Odessans sangat dikenal karena rasa humor dan kecerdasan mereka. -PR/OrthoChristian.com.

Sumber:
http://www.interfax-religion.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

HARAP MENCANTUMKAN NAMA, EMAIL(HP/TLPN RMH). WAJIB DICANTUMKAN