Senin, 03 Januari 2011

BERAPA UMUR IMAN ORTHODOX?

Oleh Rm. Dr. Miltiades Efthimiou

Diterjemahkan oleh :
Presbyter Rm.Kirill JSL
(Omeц Кирилл Д.С.Л.)
Paroikia St. Iona dari Manchuria, Surabaya
GEREJA ORTHODOX INDONESIA
(THE INDONESIAN ORTHODOX CHURCH)

Jika engkau seorang Lutheran, agamamu didirikan oleh Martin Luther, seorang mantan biarawan Gereja Katolik Roma, pada tahun 1517.

Jika engkau termasuk Gereja Inggris (Anglikan), agamamu didirikan oleh Raja Henry VIII pada tahun 1534 karena Paus tidak memberikan dia ijin bercerai dengan hak untuk menikah lagi.

Jika engkau seorang Presbiterian, agamamu didirikan oleh John Knox di Skotlandia pada tahun 1560.

Jika engkau seorang Kongregasionalis, agamamu ini berasal dari Robert Brown di Belanda pada tahun 1582.

Jika engkau adalah seorang Episkopal Protestan, agamamu adalah sebuah cabang dari Gereja Inggris, didirikan oleh Samuel Seabury, di koloni-koloni Amerika di abad ke-17.

Jika engkau seorang Baptis, engkau menerima ajaran agama dari John Smyth, yang diperkenalkannya di Amsterdam pada 1606.

Jika engkau dari Gereja Reformasi Belanda, engkau mengenali Michelis Jones sebagai pendiri karena ia yang memulai agamamu di New York pada tahun 1628.

Jika engkau seorang Methodis, agamamu didirikan oleh John dan Charles Wesley di Inggris pada tahun 1774.

Jika engkau seorang Mormon (Orang-orang Suci Zaman Akhir), Joseph Smith yang memulai agamamu di Palmyra, New York pada 1829.

Jika engkau beribadah dengan Bala Keselamatan, mazhabmu dimulai dengan William Booth di London pada tahun 1865.

Jika engkau seorang Christian Science, engkau melihat pada tahun 1879 sebagai tahun di mana agamamu didirikan oleh Mary Baker Eddy.

Jika Engkau termasuk salah satu mazhab agama yang dikenal sebagai "Gereja dari Nazaret", "Pantekosta Injili", "Gereja Kekudusan", atau "Saksi-Saksi Yehuwa", agamamu adalah salah satu dari ratusan sekte baru yang didirikan oleh manusia dalam seratus tahun terakhir.

Jika engkau seorang Katolik Roma, gerejamu berbagi warisan apostolik dan doktrin sama kaya sebagai Gereja Orthodox untuk seribu tahun pertama dari sejarahnya sejak selama milenium pertama mereka adalah satu dan Gereja yang sama. Dengan menyedihkan, pada tahun 1054, Paus Roma memisahkan diri dari keempat Takhta Apostolik (Patriarkhat) lainnya, dengan cara merusak Kredo asli dari Gereja, dan menganggap dirinya menjadi gembala universal atas Takhta Suci lain dan sempurna.

Jika engkau seorang Katolik Roma Uniat dari Ritus Timur (Katolik Timur), engkau memiliki akarmu di Gereja Orthodox, namun dipaksa masuk ke dalam Gereja Katolik Roma, baik oleh kesulitan keuangan, atau politik regional / kerusuhan gerejawi (misalnya: Katolik Syria Malankara), atau dengan penjajahan barat (misalnya: Ritus Siro-Malabar), atau dengan kekuatan militer. ( ** Tambahan dari penterjemah: Perkecualian dari ini adalah Gereja Maronit di Lebanon, umat Maronit mengatakan bahwa mereka selalu berada dalam persekutuan dengan Roma. Oleh karenanya tidaklah tepat bila menyebutnya sebagai sebuah Gereja "Uniat").
______________________________________________________________

Jika engkau adalah seorang Kristen Orthodox, agamamu didirikan pada tahun 33 oleh Yesus Kristus, Anak Allah. Hal ini tidak berubah sejak saat itu. Gereja kita sekarang hampir 2000 tahun. Dan itu adalah untuk alasan ini, bahwa Gereja Orthodox, Gereja dari para Rasul dan para Bapa Gereja mengatakan sebagai Gereja yang benar "Satu, Kudus, Katolik, dan Apostolik."

______________________________________________________________

Ini adalah harta warisan terbesar yang kita dapat menceritakan pada orang-orang muda dari milenium baru!

Tentang Penulis:

Rev Dr Miltiades B. Efthimiou adalah seorang imam dari Keuskupan Agung Orthodox Yunani dari Amerika Utara dan Selatan. Dia adalah seorang protopresbiter dari Patriarkhat Ekumenis Konstantinopel. Ia menjabat sebagai Staff Ekumenis untuk SCOBA (Konferensi Berdiri dari para Uskup Orthodox di Amerika) dan seorang penyelenggara dari Dialog Metropolitan "Katolik / Orthodox dari NY dan NJ." Dia meraih gelar PhD. dalam Sejarah Abad Pertengahan. mefthimiou@optonline.net

Referensi

1. Rev. Dr. Miltiades B. Efthimiou. Which is the Oldest Church? Greek News. Greek – American Weekly Newspaper. http://www.greeknewsonline.com

2. Priest Dr. Miltiades Efthimiou. How Old is The Orthodox Faith? The Voice of Orthodoxy: http://www.thevoiceoforthodoxy.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HARAP MENCANTUMKAN NAMA, EMAIL(HP/TLPN RMH). WAJIB DICANTUMKAN