Jumat, 07 Januari 2011

Pesan Natal dari Bapa Suci Patriarkh Kirill, Patriarkh Moskow dan Seluruh Rusia

Diterjemahkan oleh :
Presbyter Rm.Kirill JSL
(Omeц Кирилл Д.С.Л.)
Paroikia St. Iona dari Manchuria, Surabaya
GEREJA ORTHODOX INDONESIA
(THE INDONESIAN ORTHODOX CHURCH)

Pesan Natal dari Bapa Suci Patriarkh Kirill, Patriarkh Moskow dan Seluruh Rusia,
ke para Gembala Utama, para Imam, para Kaum Biarawan dan semua Umat Beriman
dari Gereja Orthodox Rusia Yang Mulia para Uskup, para romo yang terhormat,
yang terhormat biarawan dan biarawati, saudara-saudara terkasih!


Патриарх Московский и всея Руси Кирилл. Фото пресс-службы Патриарха Московского и всея Руси.

[Patriarkh Kirill, Patriarkh Moskow dan Seluruh Rusia.Foto pers - pelayanan Patriarkh Moskow dan Seluruh Rusia. Photo: RIA Novosti]

Pada malam terang-bercahaya ini kami sekali lagi secara rohani menghidupkan kembali kegembiraan dunia yang menemukan Juruselamatnya. Sekali lagi dalam pikiran kita memandang atas Putera Allah yang Hidup yang terbaring di palungan dari gua Betlehem. Sekali lagi kita dengar di hati kita suara para malaikat memberikan pujian kepada Sang Pencipta dan Penebus: "Kemuliaan bagi Allah di tempat yang mahatinggi dan damai sejahtera di bumi di antara manusia yang berkenan kepada-Nya" (Luk. 2:14).

Ketika kita mendengarkan dengan penuh perhatian kepada para kuasa surgawi, kita menyadari bahwa Kelahiran Kristus diisi dengan makna ekstra-temporal dan memiliki kaitan langsung pada takdir setiap orang manusia. Bahkan dia yang tidak tahu tentang kekuatan karya Juruselamat sekarang dapat memperoleh pengetahuan tentang Kebenaran, menjadi seorang anak Allah dan mewarisi hidup yang kekal. Kelahiran Kristus menyatakan kepada kita kebenaran tentang diri kita sendiri dan memungkinkan bagi kita untuk memahami dan menerima kebenaran ini.

Mari kita ingat kembali bahwa manusia pertama dibuat oleh Sang Pencipta sebagai sempurna “menurut gambar dan rupa Allah" (lihat: Kejadian 1:26). Namun Adam melanggar perintah dan menyimpang dari tujuan Sang Pencipta baginya. Kekurangan persekutuan hidup dengan Allah, kemanusiaan dikuburnya sendiri untuk selama-lamanya ke dalam jurang dosa dan kebanggaan harga diri. Dan kemudian Tuhan, dalam mencintai ciptaan-Nya dan menginginkan keselamatan untuk itu, mengirim ke dunia Anak-Nya yang Tunggal, yang memulihkan integritas kodrat manusia dan menjadi Adam Baru. Kristus telah menunjukkan kepada kita contoh kehidupan sesuai dengan rencana ilahi bagi kemanusiaan seseorang. Contoh ini adalah panduan yang handal, yang memungkinkan kita untuk tidak menyimpang dari jalan dan untuk hanya menemukan arah yang benar yang memimpin pada kepenuhan hidup, baik dalam kondisi keberadaan duniawi kita dan dalam kekekalan.

Kita sedang melangkah maju di sepanjang jalan menyelamatkan ini ketika kita menanggapi panggilan Allah. Satu panggilan tersebut ditujukan kepada kita adalah terkandung dalam Surat Santo Paulus: "memuliakan Allah dalam tubuh dan dalam rohmu" (1 Kor 6:20.). Ini berarti bahwa kita memberikan pujian kepada Allah tidak hanya dalam doa-doa dan kidung-kidung kita, namun juga melalui perbuatan baik untuk kebaikan para tetangga kita, umat dan Gereja.

Berkarya menjadi berkarya penuh sukacita dalam nama Kristus, itu benar-benar mengubah dunia di sekitar kita dan diri kita sendiri. Orang mencapai rasa kebersamaan ketika mereka bekerja bukan dengan paksaan dan bukan demi keuntungan tetapi ketika digerakkan oleh keinginan tulus untuk melakukan perbuatan baik dan berguna. Ini adalah cara bahwa kita melayani Pencipta bersama-sama dengan mewujudkan kehendaknya dalam kehidupan kita. Kata Yunani leitourgia ('liturgi') diterjemahkan sebagai 'karya/pekerjaan/tindakan'. Seluruh hidup kita harus menjadi Liturgi, doa bersama dan menyebabkan dicapainya rencana Allah bagi dunia dan kemanusiaan perorangan dapat diwujudkan dalam hidup dan agar kita dengan demikian dapat memberikan kemuliaan dan pujian kepada Sang Pencipta. Ini menuntut dari kita solidaritas dengan saudara-saudari kita dalam iman dan bahkan dengan mereka yang belum menemukan Tuhan dalam hati mereka namun, seperti orang Majus dari Injil, menemukan diri mereka di jalan ke arahNya.

Pentingnya menyatukan usaha kita untuk mengatasi tragedi dan kemalangan ditunjukkan kepada kita dengan kebakaran, kekeringan dan banjir tahun lalu di Rusia dan di negara-negara lain dari sejarah Rus. Mereka sekali lagi mengingatkan kita akan tugas Kristen kita untuk membantu tetangga kita tanpa memperhatikan keyakinan, kebangsaan dan status sosial mereka. Selama bulan-bulan musim panas banyak orang bermurah hati berbagi karya-karya mereka, waktu dan barang-barang materi dengannya mereka mungkin tidak tahu dan kepada siapa mereka akan pernah mungkin melihat. Untuk tujuan apa mereka lakukan ini? Karena kasihan bagi mereka yang jatuh dalam kemalangan, yang mengalami kesulitan dan yang memerlukan bantuan.

Solidaritas umum dan berkarya bersama untuk mencapai tujuan bersama tidak mungkin tanpa mengatasi keegoisan, tanpa memaksa diri untuk berbuat baik, tanpa penolakan perhatian eksklusif untuk kebutuhan dan kepentingan kita. Pada dasar 'kesatuan Roh' yang benar (Efesus 4:3) ada hukum kasih diwariskan kepada kita oleh Juruselamat. Persatuan nasional tidak bisa dibatasi untuk hanya sekali percobaan. Ini harus menjadi bagian integral dari kesadaran dan kehidupan kebangsaan kita sendiri.

Saya secara nyata merasakan kekuatan kesatuan gereja selama banyak perjalanan saya ke keuskupan- keuskupan Rusia, Ukraina, Kazakhstan dan Azerbaijan. Di mana-mana saya melihat kesiapan para uskup, imam, biarawan dan biarawati sebagai tenaga kerja untuk kebaikan Gereja Orthodox, untuk membawa ke kesempurnaan paroikia, biara dan pelayanan keuskupan mereka. Tanaman ini harapan untuk pertumbuhan yang berhasil dari kehidupan gereja dalam semangat persatuan dan kerjasama.

Dari lubuk hati saya, yang diisi dengan sukacita, saya mengucapkan selamat kepada Anda, Yang Mulia para Uskup, yang terhormat imam, biarawan dan biarawati, saudara-saudara dan saudari-saudari, pada pesta agung dan pesta keselamatan dari Kelahiran Kristus dan Tahun Baru ini, saya berdoa berharap bahwa Anda akan bertekun menjadi pelaksana kehendak Allah, membawa karunia-karunia rohani dengan Juruselamat dunia yang kini telah lahir sehingga namanya dimuliakan sekarang, selalu, dan selamanya, serta sepanjang segala abad. Amin.

Patriarkh Kirill, Patriarkh Moskow dan Seluruh Rusia

Kelahiran Kristus 2010/2011

Referensi

1. Patriarchial Parishes of Russian Orthodox Church in Canada. Christmas Message of His Holiness Patriarch KIRILL of Moscow and All Russia. http://www.orthodox-canada.com

2. The Voice of Russia. Christmas Greetings from Patriarch Kirill of Moscow and All Russia. http://english.ruvr.ru/

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

HARAP MENCANTUMKAN NAMA, EMAIL(HP/TLPN RMH). WAJIB DICANTUMKAN