Minggu, 18 Maret 2012

Tokoh-Tokoh Mesir dan internasional Sampaikan Belasungkawa Atas Wafatnya Paus Shenouda III

Oleh :
Presbyter Rm.Kirill JSL
(Omeц Кирилл Д.С.Л.)
Paroikia St. Iona dari Manchuria, Surabaya
GEREJA ORTHODOX INDONESIA
(THE INDONESIAN ORTHODOX CHURCH)



Sri Bapa Suci Paus Shenouda III (Bahasa Arab: بابا الإسكندرية شنودة الثالث‎), Paus ke-117 dari Alexandria dan Patriarkh Seluruh Afrika pada Takhta Suci Apostolik St. Markus Sang Penginjil dari Gereja Orthodox Koptik dari Alexandria, Mesir. Menduduki takhta Kepausan mulai tahun 14 November 1971– 17 Maret 2012.

Paus Shenouda III meninggal pada 17 Maret 2012 akibat komplikasi paru-paru dan hati di tempat tinggal resminya. Penasihat politiknya, Hany Aziz, mengatakan bahwa kematiannya adalah akibat dari "komplikasi pada kesehatan dan dari usia tua." Setelah tiga hari disemayamkan negara ia akan segera dimakamkan.

Pada bulan-bulan sebelum kematian Paus, rumor menyebar melalui komunitas Koptik di Kairo bahwa dia telah jatuh koma. Sinode Kudus membantah laporan-laporan ini. Ia secara rutin terbang ke Amerika Serikat untuk perawatan medis dan menurut dokter, Dr Sherif Doss, ia "[menderita] dari penyakit ginjal dan diabetes."

Yasser Ghobrial, seorang dokter yang bekerja di sebuah rumah sakit Kairo ketika Paus dirawat di sana pada 2007, mengatakan ia menderita kanker prostat yang menyebar ke usus besar dan paru-paru.

Reaksi terhadap kematiannya datang dari seluruh penjuru Mesir dan internasional.

Dewan militer yang berkuasa di Mesir, kandidat presiden, tokoh agama, menyampaikan ucapan belasungkawa kepada Paus Koptik Shenouda III, yang meninggal pada usia 89 tahun, Sabtu (17/3).

Dewan Tertinggi Angkatan Bersenjata (SCAF), dalam pesan pada halaman Facebooknya, mengatakan bahwa mereka berharap bahwa keinginan Paus menjaga persatuan Mesir dan kesatuan sosial akan tercapai.

Sedangkan Imam Agung Al-Azhar Syaikh Ahmad al-Thayyibb dalam sebuah pernyataan panjang menyampaikan simpatinya dengan komunitas Kristen Koptik atas kematian Paus Shenouda, mengatakan bahwa Paus Shenouda adalah seorang tokoh nasional yang dihormati. Syaikh Al-Thayyib mengatakan bahwa Al-Azhar sangat ingat visinya terhadap Yerusalem dan sejarahnya. Syaikh Ahmed el-Tayib, imam besar al-Azhar, mengatakan bahwa "Mesir telah kehilangan salah satu orang yang langka pada saat yang sensitif ketika paling membutuhkan paling bijaksana dari mereka yang bijaksana - keahlian mereka dan kemurnian dari pikiran mereka."

Partai Kebebasan dan Keadilan Ikhwanul Muslimin juga mengeluarkan pernyataan yang ditandatangani oleh Muhammad Mursyi, ketua partai, di mana partai menyatakan Paus Shenouda telah memberikan kontribusi besar dalam berbagai bidang dalam negeri dan luar negeri.

Perdana Menteri Mesir Kamal Al-Ganzouri mengatakan dalam sebuah pernyataan "Saya memberikan belasungkawa tulus saya ke saudara Koptik di dalam dan luar negeri." Dia mengatakan bahwa Paus Shenouda adalah sosok berkarakter nasional dan simbol patriotisme dan ia dihormati oleh rakyat Mesir.

Mantan Perdana Menteri Mesir Issam Syaraf menyatakan Shenouda sebagai pendeta Kristen yang saleh, warga negara yang baik dan pemimpin yang berharga.

Kandidat presiden Ahmad Syafiq juga mengeluarkan pernyataan, mengatakan bahwa Mesir telah kehilangan sosok berharga. Ia menambahkan bahwa ia percaya bahwa gereja Koptik akan melewati masa sulit setelah kehilangan Paus Shenouda.

Reaksi internasional meliputi:

Tahta Suci - Sebuah pernyataan berasal dari Paus Katolik Roma Benediktus XVI: "Gereja Katolik berbagi dalam duka dan doa-doa kaum Kristen Koptik dalam berduka karena kehilangan pemimpin spiritual mereka ...Semoga Tuhan menyambut Gembala Agung dan memberi dia pahala yang layak untuk pelayanannya.

”Intaqala ilal amjadis samawati”
”Telah berpulang kepada Kemuliaan Surgawi”

YAHWEH NATAN, YAHWEH LAKAH, YEHI SHEM YAHWEH MIBORAK
“Allah yang memberi, Allah yang mengambil. Terpujilah Nama Allah”

Kami mengucapkan belasungkawa yang terdalam untuk berostirahatnya dalam kedamaian kekal Sri Paus Shenouda III (3 Agustus 1923 - 17 Maret 2012), Paus dari Alexandria dan Patriarkh Seluruh Afrika pada Takhta Suci Apostolik Santo Markus.

Kekallah kenanganMu, karena engkau layak menerima berkat dan kenangan abadi. Berilah istirahat kekal ya Tuhan kepada hambaMu yang telah meninggal. Dan jadikankah kenangannya tetap abadi.

Kekallah kenanganMu (3x)

KIRANYA JIWANYA BERISITRAHAT DENGAN BAHAGIA

Referensi

1. Era Muslim. Media Islam Rujukan. Tokoh-Tokoh Mesir Sampaikan Belasungkawa Atas Wafatnya Paus Shenouda III. http://www.eramuslim.com

2. From Wikipedia, the free encyclopedia. Pope Shenouda III of Alexandria.

3. Jihad Watch. Coptic Pope Shenouda III dead at 88. http://www.jihadwatch.org

4. Presbyter Rm.Kirill JSL. Apa dan Bagaimanakah Gereja Orthodox (Gereja Timur)? - (1 Penyebaran Kekristenan Timur yangSemitik – Helenis, & Karya Misi Gereja Timur. Gereja Orthodox Indonesia (the Indonesian Orthodox Chuech).2003.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

HARAP MENCANTUMKAN NAMA, EMAIL(HP/TLPN RMH). WAJIB DICANTUMKAN