Minggu, 08 Mei 2011

Paschal Epistle of Metropolitan Hilarion (Surat Paskah Vladyka Metropolitan Hilarion)

Diterjemahkan oleh:
Presbiter Rm. Kirill J.S.L.
(Omeц Кирилл Д.С.Л.)
Paroikia St. Iona dari Manchuria, Surabaya
GEREJA ORTHODOX INDONESIA
(THE INDONESIAN ORTHODOX CHURCH)

I greet you, fellow archpastors, and dear in Christ fathers, brothers, and sisters, with the luminous, universal, and eternal triumph of Holy Pascha. Along with you, I cry out with all my heart: Truly Christ is Risen!

(Saya menyampaikan salam pada Anda, sesama para gembala agung, dan para romo, saudara, dan saudari, terkasih di dalam Kristus, dengan terang, semesta alam, kemenangan abadi Paskah Kudus. Seiring dengan Anda, saya berseru dengan segenap hati saya: Sungguh Kristus telah Bangkit!)

Vladyka Hilarion, Metropolitan Amerika Timur dan New York, Hierarkhi Pertama dari Gereja Orthodox Rusia di Luar Rusia


How much bright joy these words contain! They destroy all sorrows, disappointments, hardships, and privations, while bestowing consolation and blessings.

(Seberapa banyak terang sukacita yang terkandung dalam kata-kata ini! Kata-kata “Sungguh Kristus telah Bangkit!” menghancurkan semua kesedihan, kekecewaan, kesulitan, dan penderitaan, sementara menganugerahkan penghiburan dan berkat-berkat).

Christ is Risen! If Christ be not raised, your faith is vain, says the Apostle Paul; our hope in Christ would be to no purpose. But Christ is risen, thereby demonstrating that He is truly God, that the doctrine preached by Him is true, and that our faith is true. He promised His Apostles that He would suffer, die, and rise again on the third day – and His word was fulfilled. He arose in our human flesh, which means, according to His veritable promise, that we too will be resurrected at the time determined by Him. He is “the first-born from the dead,” as He is called in the Divine Liturgy of St. Basil the Great that is served on Sundays during Great Lent. And we who believe in Him will also arise and be with Him.

(Kristus telah Bangkit! Jika Kristus tidak dibangkitkan, iman Anda adalah sia-sia, kata Rasul Paulus, pengharapan kita dalam Kristus akan tanpa tujuan. Tetapi Kristus telah bangkit, dengan demikian menunjukkan bahwa Dia benar-benar Allah, bahwa ajaran yang diberitakan olehNya adalah benar, dan bahwa iman kita adalah benar. Dia berjanji pada para RasulNya bahwa Ia akan menderita, mati, dan bangkit lagi pada hari ketiga - dan firmanNya ini sudah digenapi. Dia telah bangkit dalam daging kemanusiaan kita, yang berarti, menurut janjiNya yang sebenar-benarnya, bahwa kita juga akan dibangkitkan pada waktu yang ditentukan olehNya. Dia adalah "yang sulung dari antara orang mati, anak sulung dari maut, agar Dia menjadi yang pertama yang bangkit dari kematian" sebagaimana Ia disebut dalam Liturgi Suci St Basilius yang Agung yang dilayankan pada hari Minggu selama Masa Puasa Agung Catur Dasa. Dan kita yang percaya kepadaNya juga akan dibangkitkan dan berada bersamaNya).

None of our troubles or afflictions, neither sorrows nor the loss of loved ones, can overshadow the joy of the Resurrection of Christ. For our life is not here; here is but a temporary sojourn, a preparation for the real life, the life of eternal blessedness. There we will meet God, the saints, and all who were close to us. Celebrating “this chosen and holy day” of great joy in this earthly vale, let us recall the words of F. M. Dostoevsky who, while in exile in a labor camp, said: “I have not become despondent and low in spirit. Life is life everywhere: life is within us and not in externals. I am surrounded by people; to remain a man amongst men and to remain a Man forever, in whatever misfortune, not becoming despondent or falling into despair – this is what life is about, this is its goal.”

(Tak satu pun dari masalah-masalah atau penderitaan-penderitaan kita, baik dukacita maupun kehilangan orang yang dicintai, dapat menutupi sukacita Kebangkitan Kristus. Karena hidup kita bukan di sini, di sini hanyalah sebuah persinggahan sementara, sebuah persiapan untuk kehidupan yang sesungguhnya, kebahagiaan kehidupan kekal. Di sana kita akan bertemu Allah, orang-orang kudus, dan semua yang dekat dengan kita. Merayakan "hari terpilih dan kudus ini" karena sukacita besar di dunia ini, mari kita mengingat kata-kata Fyodor Mikhaylovich Dostoevsky yang, sementara di pengasingan di kamp kerja paksa, berkata: "Saya tidak menjadi putus asa dan kehilangan semangat. Hidup adalah hidup di mana-mana: hidup ada di dalam kita dan bukan tergantung dari keadaan luar. Saya dikelilingi oleh orang-orang, untuk tetap menjadi manusia di antara manusia lain dan untuk tetap menjadi Manusia selamanya, dalam kemalangan apapun, tidak menjadi putus asa atau jatuh dalam keputusasaan dan hilang harapan - ini adalah tentang apa hidup itu, ini adalah tujuan hidup itu").

May God, the Lover of Mankind Who arose on the third day, help the people of New Zealand and Japan, who continue to experience the terrible consequences of the disasters that have befallen them! May the joy of Pascha fortify and renew the inner strength of all us sinners, who are trying, each according to his strength, to follow Christ and to bear one’s cross!

(Semoga Allah, Pengasih umat Manusia yang bangkit pada hari ketiga, membantu orang-orang Selandia Baru dan Jepang, yang berlanjut mengalami dampak yang mengerikan dari bencana yang menimpa mereka! Semoga sukacita Paskah menguatkan dan memperbaharui kekuatan batin dari kita semua para pendosa, yang berusaha, masing-masing sesuai dengan kekuatannya, untuk mengikuti Kristus dan memikul salib dari kita masing-masing!)

May the Lord bless the work of the upcoming Council of Bishops, called upon to chart the future path of the saving ministry of our Russian Church Abroad! During these holy days, let us send up prayers to the Most Blessed Virgin Theotokos, our Hodigitria (Hodegetria (Greek: Οδηγήτρια, Russian: Одигитрия ; "She who shows the Way"), and to St. John, whose incorrupt relics rest in the Cathedral of the “Joy of All Who Sorrow” in San Francisco, that the Lord, Who is the Giver of Life, may pour out His grace-filled power on the Council of Bishops, that “all counsels be fulfilled,” by the grace and will of the Holy Spirit.

(Semoga Tuhan memberkati karya yang akan datang dari Konsili para Uskup, yang dipanggil untuk merencanakan jalan masa depan pelayanan keselamatan Gereja Orthodox Rusia di luar Negeri! Selama hari-hari kudus ini, mari kita menaikkan doa syafaat kepada Perawan yang Amat Sangat Terberkati Theotokos, Perawan Hodigitria (Hodegetria (Yunani: Οδηγήτρια, Rusia: Одигитрия ; "She who shows the Way", “Ia yang menunjukkan Jalan”) kita, dan kepada St. Yohanes, yang relikwinya sepenuhnya utuh beristirahat di Katedral dari "Sukacita dari Semua yang Berdukacita" di San Francisco, bahwa Tuhan, yang adalah Pemberi Kehidupan, semoga mencurahkan kuasa-Nya yang penuh rahmat pada Konsili para Uskup, bahwa "semua nasihat harus digenapi," oleh kasih karunia dan kehendak Roh Kudus.)

“My joy, Christ is risen!” This is how Saint Seraphim of Sarov would welcome all who came to him. So do I, a sinner, welcome each of you.

("Sukacitaku, Kristus telah bangkit!" Ini adalah bagaimana Santo Serafim dari Sarov akan menyambut semua orang yang datang kepadanya. Begitu juga saya, orang berdosa, menyambut Anda masing-masing).

Christ has Truly Risen, fellow hierarchs, most honorable fathers, beloved in the Lord brothers and sisters!

(Sungguh, Kristus telah bangkit, sesama hierarkhi, para romo yang terhormat, saudara dan saudari terkasih dalam Tuhan!)

With Paschal joy in the Risen Christ, and asking your prayers,

+ Hilarion, Metropolitan of Eastern America and New York,
First Hierarch of the Russian Church Outside of Russia.
Pascha 2011

Dengan sukacita Paskah dalam Kebangkitan Kristus, dan memohon doa-doa Anda,

+ Hilarion, Metropolitan Amerika Timur dan New York,
Hierarkhi Pertama dari Gereja Orthodox Rusia di Luar Rusia.
Paskah 2011


Referensi

Paschal Epistle of Metropolitan Hilarion. St. Elizabeth the New Martyr, Russian Orthodox Church. 1703 Shull Street, West Columbia, SC 29169 (803) 600-0001. http://www.stelizabeth.net

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HARAP MENCANTUMKAN NAMA, EMAIL(HP/TLPN RMH). WAJIB DICANTUMKAN