Minggu, 11 Oktober 2009

MADAH ALLAH DARI St. GREGORIUS DARI NAZIANZUS

Oleh :
Presbyter Rm.Kirill JSL
(Omeц Кирилл Д.С.Л.)
GEREJA ORTHODOX INDONESIA
(THE INDONESIAN ORTHODOX CHURCH)

Oh Dikau yang mengatasi segala sesuatu!
bukankah hanya itu yang dapat dikatakan orang tentang Dikau?
Madah manakah yang dapat mengungkapkan Dikau?
Dan apa yang dapat dipegang roh manusia?
Engkau mengatasi setiap pengertian,
Engkaulah satu-satunya yang tak dapat diungkapkan,
karena segala yang dikatakan, keluar dari Dikau,
Hanya Engkaulah yang tak dapat dikenal,
karena semua yang dapat dipikirkan berasal dari Dikau,
Engkaulah tujuan semua yang ada,
Engkaulah segala yang ada, tetapi semuanya bukan Dikau,
Engkau bukanlah salah satu yang ada,
dan Engkau juga bukan jumlah keseluruhannya,
Segala nama Kaumiliki,
bagaimana aku harus menyebutMu?
karena Engkau sajalah yang tidak dapat disebut,
Oh Dikau yang mengatasi segala sesuatu!

[St. Gregorius dari Nazianzus, Episkop Agung Konstantinopel (329- 389/390); "Madah Allah"]

Tentang Bapa Gereja St. Gregorius dari Nazianzus (329-390):


Ikon St. Grigoriy Bogoslov dilukis oleh St. Andrei Rublev

St. Gregorius dari Nazianzus atau St. Gregorius Nazianzen, dikenal juga sebagai St. Gregorius Sang Teolog (Rusia: St. Grigoriy Bogoslov). Lahir di Arianzus, Kapadokia, Asia Kecil. Menjabat sebagai Arkhiepiskop atau Episkop Agung (Uskup Agung) Konstantinopel tahun 381-390. Beliau adalah penentang yang sangat gigih terhadap paham Arianisme. Selain lima ceramah teologis tentang Kredo Nikea dan Trinitas yang mana paling dikenal darinya, beliau juga menulis surat-surat dan puisi-puisi. Bapa dan Doktor Gereja. Pemberian gelar Doktor Gereja kepada St. Gregorius Nazianzen ditetapkan oleh Gereja Roma Katolik pada tahun 1568. Dalam Gereja Katolik Roma, seorang Doktor Gereja adalah seorang teolog yang ajarannya telah memberikan keuntungan bagi seluruh Gereja Kristen dan yang ajarannya serta kehidupannya yang saleh diproklamasikan oleh Paus atau oleh sebuah konsili ekumenis. Penghargaan ini sangat jarang diberikan, hanya setelah kematian dan setelah kanonisasi. Gereja Orthodok Timur sendiri tidak menggunakan istilah Doktor Gereja. Ia juga digelari sebagai Demosthenes Kristen karena keluwesan berbicaranya dan bagi Gereja Orthodox Timur ia dikenal sebagai Sang Teolog. Pesta perayaan St. Gregorius dari Nazianzus dirayakan oleh Gereja Orthodox pada tanggal 25 Januari/7 Februari (Kalender baru Gregorian/Kalender Lama Yulianus) dan tanggal 2 Januari oleh Gereja Roma Katolik.

Referensi

1. ____________, Sinaksarion (Kisah Orang Kudus): St. Gregori si Teolog. Ditulis oleh: Fr. George Poulos. Dikumpulkan oleh Rm. Kyrillos dari bulletin Gereja Orthodox Indonesia dan sumber-sumber lain. Malang. 2000.

2. ____________, Saint Herman Calender 2006. Saints of the German – Speaking Lands. Printed with the blessing of His Grace  Longin, Serbian Orthodox Bishop of the U.S.A. and Canada, New Gracanica Metropolitanate, and Bishop Adminstrator of Serbian Orthodox Diocese of Western America. Thirty-fourth year of publication. Copyright 2006 by the St. Herman of Alaska Brotherhood. 2006.

Bahan-bahan dari website:

3. From Wikipedia, the free encyclopedia: Gregory of Nazianzus: http://en.wikipedia.org/wiki/Gregory_of_Nazianzus

4. Dari Wikipedia Indonesia, ensiklopedia bebas berbahasa Indonesia: Doktor Gereja: http://id.wikipedia.org/wiki/Doktor_Gereja

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HARAP MENCANTUMKAN NAMA, EMAIL(HP/TLPN RMH). WAJIB DICANTUMKAN