Kamis, 01 Oktober 2009

PERAWAN MARIA YANG MEMBERIKAN KELAHIRAN PADA ALLAH MENJAWAB TENTANG LAM YALID WA LAM YULAD(TIDAK BERANAK DAN DIPERANAKAN)


“Allah itu tidak beranak maupun diperanakan…..” Ini adalah salah satu penggalan ayat dari Al Quran bahwa Allah TIDAK beranak maupun mempunyai anak. Begitupun juga Alkitab menolak bahwa Allah beranak maupun diperanakkan. Lalu kenapa Isa Almasih disebut Putra(Anak) Allah, dan adakah Allah memperanakkan dalam Alkitab? Bunda Maria adalah pribadi yang dapat menjawab teka-teki bagaimana Allah menjadi Putra(Anak) Allah. Pada dasarnya, Allah bersifat kekal. Dia ada sejak dahulu kala, dari zaman purbakala sampai selama-lamanya…
Maria disini sangatlah berperan untuk menolak kesan bahwa Allah diperanakkan, karena sesungguhnya Allah tidak mempunyai sifat lahiriah(manusia) yang dapat berketurunan. Namun, untuk menggenapi janjiNya kepada manusia, dan janji Allah demikian,

“Yehuwa telah berkenan demi penyelamatanNya untuk memberi pengajaranNya yang besar dan mulia.” (Yesaya 42:21),
“Itu akan menjadi tanda kesaksian bagi Yehuwa semesta alam di tanah Mesir: “Apabila mereka berseru kepada Yehuwa oleh karena orang-orang penindas, maka Ia akan mengirim seorang JURUSELAMAT kepada mereka, yang akan berjuang dan akan melepaskan mereka.” (Yesaya 19:20).
“Sungguh, Engkau Allah yang menyembunyikan diri, Allah Israel, JURUSELAMAT.” (Yesaya 45:15).

Berulang-kali Allah telah mengabarkan, dari zaman purbakala bahwa Dia sendirilah yang akan menyelamatkan umat manusia dari segala kutuk dosa.

“Beritahukanlah dan kemukakanlah alasanmu, ya, biarlah mereka berunding bersama-sama: Siapakah yang mengabarkan hal ini dari zaman purbakala, dan memberitahukannya dari sejak dahulu? Bukankah Aku, Yehuwa? Tidak ada yang lain, tidak ada Allah selain dari padaKu! Allah yang adil dan JURUSELAMAT, tidak ada yang lain kecuali Aku!” (Yesaya 45:21),
“Aku akan memaksa orang-orang yang menindas engkau memakan dagingnya sendiri, dan mereka akan mabuk minum darahnya sendiri, seperti orang mabuk minum anggur baru, supaya seluruh umat manusia mengetahui, bahwa Aku, Yehuwa, adalah JURUSELAMATmu dan PENEBUSmu, Yang Mahakuat, Allah Yakub.” (Yesaya 49:26).
Allah akan hadir dan menebus SELURUH umat manusia, Allah juga menjanjikan bahwa Dia yang sejatinya Dzat Yang Mahakuasa akan turun kedunia(dilahirkan) menjadi seorang manusia dari seorang perawan.
Mikha 5 : 2
Tetapi engkau, hai Betlehem Efrata, hai yang terkecil di antara kaum-kaum Yehuda, dari padamu akan bangkit bagi-Ku seorang yang akan memerintah Israel, YANG PERMULAANNYA SUDAH SEJAK PURBAKALA, SEJAK DAHULU KALA (KEKAL).

Sesuai yang dijanjikanNYA bahwa DIA sendiri akan menyelamatkan manusia, dan menebus mereka maka ALLAH mengaruniakan FIRMANNYA (ALLAH SANG FIRMAN) untuk menjadi manusia, dengan begitu ALLAH tetaplah kekal, dengan mengaruniakan FIRMANNYA untuk menyelamatkan manusia.

Yohanes 1 : 14
Firman itu telah menjadi manusia, dan diam di antara kita, dan kita telah melihat kemuliaan-Nya, yaitu kemuliaan yang diberikan kepada-Nya sebagai Anak Tunggal Bapa, penuh kasih karunia dan kebenaran.

Lukas 1 : 70, 76
--seperti yang telah difirmankan-Nya sejak purbakala oleh mulut nabi-nabi-Nya yang kudus—
Dan engkau, hai anakku (Yohanes), akan disebut nabi Allah Yang Mahatinggi; karena engkau akan berjalan mendahului Tuhan untuk mempersiapkan jalan bagi-Nya,

Yohanes benar-benar didaulatkan untuk mempersiapkan kedatangan YEHUWA. Dan Yohaneslah yang akhirnya mempersiapkan jalan YESUS dengan baptisan YOHANESlah, ALLAH menyatakan diriNYA bahwa YESUS adalah DIA SENDIRI yang menjadi ANAK MANUSIA yang DIA kasihi yang dikandung dari FIRMANNYA

Lalu bagaimana dengan istilah ALLAH tidak diperanakkan dan memperanakkan, jika yang datang itu adalah benar-benar ALLAH yang adalah YEHUWA???

ALLAH tidak diperanakkan
Bagaimana Maria Menjawabnya??

LUKAS 1 : 35
Jawab malaikat itu kepadanya: "Roh Kudus akan turun atasmu dan kuasa Allah Yang Mahatinggi akan menaungi engkau; sebab itu anak yang akan kaulahirkan itu akan disebut kudus, Anak Allah.

DIA yang adalah ALLAH mengaruniakan ROHNYA yang kudus untuk menjadi manusia yang disebut YESUS ANAK ALLAH.
Jika Yesus adalah ROH ALLAH sendiri maka YESUS sebelum menjadi manusia adalah satu dengan ALLAH. DIA adalah sang FIRMAN yang menjadi manusia.

Namun begitu bukan ALLAH yang diperanakkan Maria, tapi YESUS dalam wujud manusiawi yang sejak semula bersama-sama dengan ALLAH yang adalah FIRMAN menjadi manusia


Yohanes 1 : 14
Firman itu telah menjadi manusia, dan diam di antara kita, dan kita telah melihat kemuliaan-Nya, yaitu kemuliaan yang diberikan kepada-Nya sebagai Anak Tunggal Bapa, penuh kasih karunia dan kebenaran.


LALU jika Yesus ANAK ALLAH, artinya ALLAH memperanakkan???
Bagaimana Maria Menjawabnya??

ALLAH tidaklah bereproduksi secara manusiawi, namun DIA menjelmakan FIRMANNYA menjadi manusia, FIRMANNYA yang sejak semula bersama-sama DIA yang sifatNYA kekal, melalui Perawan Maria.
Bukan ALLAH yang memperanakkan SANG FIRMAN YANG KEKAL namun Maria yang memperanakkanNYA (DIALAH SANG THEOTOKOS, BUNDA SANG FIRMAN YANG KEKAL YANG SEJAK SEMULA ADALAH ALLAH YANG KEKAL)


Matius 1:18
Kelahiran Yesus Kristus adalah seperti berikut: Pada waktu Maria, ibu-Nya, bertunangan dengan Yusuf, ternyata ia mengandung dari Roh Kudus, sebelum mereka hidup sebagai suami isteri.

Jadi bukan ALLAH yang mengandung FIRMANNYA tapi Maria yang mengandungnya…
Jadi benarlah bahwa bukan ALLAH yang memperanakkan FIRMANNYA yang adalah DIA YANG KEKAL, YANG TAK TERPISAHKAN YANG ADA SEJAK SEMULA, DARI ZAMAN DAHULU KALA YANG DIJANJIKANNYA, BAHWA DIA SENDIRILAH YANG AKAN MENJADI PENEBUS DAN JURUSELAMAT, tidak ada yang lain.
ALLAH sendiri dengan FIRMANNYA YANG ADALAH DIA.


SEMUANYA dijawab dengan ISTILAH “THEOTOKOS =YANG MEMBERI KELAHIRAN PADA ALLAH ” Oleh Bunda Maria.
Karena DIALAH yang mengandung FIRMAN ALLAH YANG KEKAL YANG SEJAK SEMULA ADALAH ALLAH.
Dan DIALAH yang melahirkan JURUSELAMAT MANUSIA yang adalah ALLAH SENDIRI seperti janjiNYA sejak jaman purbakala

Yesaya 45 : 21
Beritahukanlah dan kemukakanlah alasanmu, ya, biarlah mereka berunding bersama-sama: Siapakah yang mengabarkan hal ini dari zaman purbakala, dan memberitahukannya dari sejak dahulu? Bukankah Aku, YEHUWA? Tidak ada yang lain, tidak ada Allah selain dari pada-Ku! Allah yang adil dan Juruselamat, tidak ada yang lain kecuali Aku!

Matius 1 : 23, 2 : 11
Sesungguhnya, anak dara itu akan mengandung dan melahirkan seorang anak laki-laki,
Hari ini telah lahir bagimu Juruselamat, yaitu Kristus, Tuhan, di kota Daud.

JURUSELAMAT TIDAK ADA YANG LAIN KECUALI AKU (Yesaya 45 : 21) YANG DILAHIRKAN DARI ANAK DARA MARIA. (Matius 2 : 11)


SEMOGA PENJELASAN INI MEMBERIKAN PENCERAHAN PADA ANDA. AMIN
(DIKUTIP DARI Yohanes Damascus FX. Arianto Nugroho(dengan sedikit perubahan oleh Konstantin)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

HARAP MENCANTUMKAN NAMA, EMAIL(HP/TLPN RMH). WAJIB DICANTUMKAN