Kamis, 15 Oktober 2009

VATIKAN: PERTAMA KALINYA, JUMLAH MUSLIM MELEBIHI JUMLAH PENGANUT KATOLIK



Senin, 31/03/2008 11:16 WIB

Gereja Vatikan Katolik di Roma, hari Ahad (31/3) menginformasikan ke seluruh dunia, bahwa jumlah kelahiran di kalangan umat Islam lebih besar dibandingkan jumlah kelahiran di kalangan penganut agama Katolik.
Informasi yang disampaikan melalui wawancara di majalah khusus Katholik L'Osservatore Romano itu tentu punya maksud. Yakni, agar Katolik harus menjadi keyakinan dengan penganut yang paling besar di seluruh dunia, dan otomatis harus berada di atas jumlah populasi umat Islam.
Monsignor Vittorio Formenti, staf Vatikan yang menyusun laporan tahunan khusus Vatikan selama tahun 2008 mengatakan, “Untuk pertama kalinya dalam sejarah, kita tidak berada di puncak tertinggi dari sisi jumlah. Kaum Muslimin lebih tinggi dari jumlah kita.”
Ia merinci, “Jumlah kaum muslimin sekarang sekitar 19, 2% dari total penduduk dunia. Sementara pengikut Katolik berjumlah 17, 4% saja. Secara angka, Vatikan menyebutkan bahwa jumlah penganut Katolik sekarang adalah 1, 13 milyar jiwa."
Tapi Monsignor Formenti tidak menyebutkan jumlah kaum Muslimin yang diperkirakan jumlahnya 1, 3 milyar jiwa.
Secara umum Formenti menyebutkan, “Namun demikian, posisi kita bila digabung antara seluruh pengikut Kristen, termasuk Kristen Orthodox, Anglikan, Protestan, maka jumlah kaum Kristen adalah 33% dari total penduduk bumi atau sekitar 2 milyar orang.”
Formenti juga mengatakan bahwa pihaknya telah menganalisa telah terjadi stagnansi jumlah kelahiran di kalangan Katolik, sementara di kalangan jumlah kaum Muslimin, mengalami penambahan kelahiran. (na/iol)

SUMBER
http://www.eramuslim.com/berita/dunia/vatikan-pertama-kalinya-jumlah-muslim-melebihi-jumlah-penganut-katolik.htm

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

HARAP MENCANTUMKAN NAMA, EMAIL(HP/TLPN RMH). WAJIB DICANTUMKAN