Senin, 02 November 2009

BENCANA BUKAN KIAMAT MELAINKAN TANDA

(Sebelumnya Komunitas Gereja Orthodox Paroki St Jonah Manchuria Surabaya mengucapkan bela sungkawa atas terjadinya gempa di Sumatra Utara dan wilayah-wilayah lain di Indonesia)

Akhir-akhir ini di Indonesia sering terjadi gempa, dan banyak orang yang menafsirkan bahwa akan terjadi kiamat(terutama tahun 2012). Gempa merupakan fenomena alam yang tidak dapat dihindari atau ditolak oleh siapapun. Banyak masyarakat Indonesia yang mulai berspekulasi bahwa akan terjadi kiamat. Apakah itu benar??? Mari kita lihat apa yang dikatakan dalam Al Quran tentang kiamat:

“Mereka menanyakan kepadamu tentang kiamat: “Bilahkah terjadi?” Katakanlah: “Sesungguhnya pengetahuan tentang kiamat itu adalah pada sisi Tuhanku; tidak seorangpun yang dapat menjelaskan waktu kedatangannya selain Dia……” (Al A’raaf 187),

“Sesungguhnya Allah, hanya pada sisiNya sajalah pengetahuan tentang hari kiamat” (Luqman 34)

Penggalan dua ayat tersebut menyebutkan, bahwa hari kiamat hanya diketahui oleh Allah. Al Quran menegaskan dengan jelas, tidak ada satu orangpun yang mengetahui akan kedatangannya(kiamat)

Adapun ayat dalam Alkitab yang mengatakan demikian:

“Tetapi hari dan saat itu(kiamat) tidak seorangpun yang tahu, malaikat-malaikat di sorga tidak, dan Anak(Yesus Kristus/Firman Allah/Kalimatullah)pun tidak, hanya Bapa(Allah) sendiri.” (Matius 24:36 & Markus 13:32)

Penggalan ayat dalam Alkitab juga mengatakan bahwa hanya Allah Sang Bapa sajalah yang mengetahui Hari Kiamat. Bahkan Sang Putra(Firman Allah) tidak mengetahuinya.

Dari penggalan kedua ayat tadi, baik dari Alkitab maupun Al Quran menegaskan, bahwa tidak ada satupun orang di dunia ini yang mengetahui kapan terjadinya kiamat. Lalu kenapa banyak orang yang berspekulasi bahwa akan terjadi kiamat??? Ini terjadi karena ada beberapa faktor yaitu:
1. Kurangnya pengetahuan tentang agama dan Kitab Suci
2. Kegelisahan hati manusia dikarenakan iman akan Allah yang kurang
3. Sifat manusia yang mudah percaya dengan ramalan paranormal yang secara lancang meramalkan kiamat

Adapun tanda-tanda kiamat yang ada dalam Alkitab maupun Al Quran:

Dalam Al Quran: “Sesungguhnya kiamat itu tidak akan terjadi, sebelum kamu melihat 10 tanda”
1. Asap
2. Dajjal
3. Binatang melata di bumi
4. Terbitnya matahari dari arah terbenamnya
5. Turunnya Nabi Isa Almasih(Yesus Kristus)
6. Keluarnya Yakjuj dan Makjuj
7. Gerhana di timur
8. Gerhana di barat
9. Gerhana di jazirah Arab
10. Keluarnya api dari kota Yaman, menghalau manusia ke tempat pengiringan mereka.

Sedangkan tanda-tanda yang diberikan Allah dalam Alkitab ada 10 tanda yaitu;
1. Penyebaran Injil yang bersifat Orthodox ke seluruh dunia (Matius 24:14)
2. Orang Yahudi secara nasional akan bertobat kapada Sang Kristus (Roma (11:25-26)
3. Nabi Elia & nabi Henokh akan kembali ke bumi (Markus 9:11; Wahyu 11:1-12)
4. Munculnya Anti Kristus(Dajjal) (Matius 24:15, 1Yohanes 2:18; 2 Tesalonika 2:3-9, Wahyu 13)
5. Kekacauan alam, dalam politik, dalam moral, penderitaan manusia yang luar biasa (Matius 24; Markus 13; Lukas 21)
6. Dunia akan dihancurkan oleh api (2 Petrus 3:5)
7. Kedatangan Yesus Kristus(Isa Almasih) yang kedua dan Kebangkitan orang mati (1 Tesalonika 14-17; 1 Korintus 15:51 dst)
8. Penghakiman segenap manusia oleh Kristus berdasarkan perbuatan masing-masing dalam kasih sebagai buah iman di dalam Kristus, atau kejahatan sebagai ketiadaan iman (Matius 25:31-46)
9. Perpisahan kekal antara mereka yang terhilang dalam siksa neraka(gehennah), dan mereka yang mengalami pemuliaan dalam panunggalan dengan kemuliaan Allah (Theosis). Serta akhir dari semuanya itu adalah Kristus akan mendirikan “KerajaanNya” yang “tak akan ada akhirnya” yaitu kerajaan mulia dan kekal.
10. Munculnya langit baru dan bumi baru yangpenuh kemuliaan sebanding dengan kemuliaan meraka yang telah mencapai “Theosis”, karena bumi baru dan langit baru itu akan menjadi tempat tinggal mereka (2 Petrus 3:12; Wahyu 21:1-22) dimana Kristus akan memerintah sebagai raja kekal selama-lamanya serta Allah menjadi semua di dalam semua (1 Korintus 15:28)

Dari penggalan beberapa ayat dari Alkitab maupun dari Al Quran, marilah kita sebagai hamba-hamba Allah tetap beriman akan hari kiamat dan tidak berspekulasi secara sembrono akan datangnya hari tersebut(kiamat).

(Karya Konstantinus Rizky Wibisono, 2009-10-20. Dilarang keras megutip/menjiplak sebagian maupun keseluruhan dari tulisan ini, tanpa seizin penulis)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

HARAP MENCANTUMKAN NAMA, EMAIL(HP/TLPN RMH). WAJIB DICANTUMKAN