Senin, 02 November 2009

DOA YANG SEMPURNA


Sebagai orang Kristiani kita paham akan doa Bapa kami. Doa yang sering dilantunkan oleh umat Orthodox maupun Katholik Roma(dengan bentuk yang berubah) merupakan doa yang paling indah dan lengkap yang pernah ada.

Inilah doa Bapa kami yang sering dilantunkan umat Krisiani di Gereja maupun dimana saja:

Bapa kami yang ada disorga, dikuduskanlah namaMu, datanlah kerajaanMu, jadilah kehendakMu di bumi dan di sorga. Berikanlah kami pada hari ini makanan kami yang secukupnya dan ampunilah kami akan kesalahan kami, seperti kami juga mengampuni orang yang bersalah kepada kami; dan janganlah membawa kami kedalam pencobaan, tetapi lepaskanlah kami daripada yang jahat. Amin (Matius 6:9-13)

Makna atau arti dalam doa Bapa kami sangat indah dan lengkap, mulai dari memuji keberadaan Allah, memuji nama Allah, memohon kerajaan Allah, memohon kehendak Allah, memohon rejeki pada Allah, mohon ampun atas dosa-dosa kita pada Allah, serta meminta di jauhkan dari segala yang jahat.

Makna doa Bapa kami ini saya jabarkan untuk memudahkan anda dalam melihat makna agung doa ini:

Bapa kami yang ada di sorga: Artinya adalah manusia memuji kebaradaan Allah yang bertahkta di dalam surga. Allah memerintah alam semesta dan segala isinya dari surga. Dalam pemerintahan Allah, makluk hidup tak ada satupun yang luput dari pengawasan Sang Pribadi Yang Mahakuasa.

Dikuduskanlah namaMu: Artinya adalah memuji nama Allah yang kudus. Nama Allah itu Kudus adanya, jadi manusia dilarang keras menggunakan nama Allah secara sembono contohnya seperti bersumpah, atau latah dan menyebut nama Allah.

Datanglah kerajaanMu: Artinya adalah manusia memohon pada Allah untuk dihadirkan kerajaan Allah(yang damai & stabil) di dalam dunia yang kacau ini.

Jadilah kehendakMu di bumi dan di sorga: Artinya adalah manusia memohon pada Allah untuk menjadikan kehendak Allah(yang baik adanya) yang ada di sorga, juga terjadi di atas bumi. Seperti Allah berkehendak ada kedamaian di sorga, juga terjadi kedamaian di atas bumi kita.

Berikanlah kami pada hari ini makanan kami yang secukupnya: kata-kata ini memiliki makna yang luas. Pada zaman Tuhan Yesus, manusia hanya butuh makan untuk hidup. Akan tetapi pada zaman modern sekarang ini kebutuhan manusia banyak sekali, tidak hanya makan. Melainkan membutuhkan rumah, sekolah, kuliah, makan, minum, kesehatan, pakaian, membayar tagihan dll, yang intinya adalah rezeki(rizky/ berkat melimpah).

Dan ampunilah kami akan kesalahan kami, seperti kami juga mengampuni orang yang bersalah kepada kami: Artinya adalah manusia memohon ampun atas segala kesalahannya(dosa) pada Allah melalui Sakramen Pengakuan Dosa, akan tetapi manusia tersebut harus juga mengmpuni kesalahan(dosa) sesamanya, oleh karena Allah telah mengampuninya.

Dan janganlah membawa kami kedalam pencobaan, tetapi lepaskanlah kami daripada yang jahat: Artinya adalah manusia memohon pada Allah untuk dijauhkan dari yang jahat baik kelihatan maupun yang tak kelihatan seperti, kecelakaan, sakit yang mendadak, dirampok, dibunuh, diperkosa, ditipu, diganggu makluk gaib(syaitan) dll.

Jadi sekarang kita tahu akan makna agung dari doa Bapa kami yang diajarkan Tuhan Yesus sendiri pada kita melalui para rasul kudusNya.

(Karya Konstantinus Rizky Wibisono, 2009-10-20. Dilarang keras megutip/menjiplak sebagian maupun keseluruhan dari tulisan ini, tanpa seizin penulis)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HARAP MENCANTUMKAN NAMA, EMAIL(HP/TLPN RMH). WAJIB DICANTUMKAN