Sabtu, 13 Juni 2009

KONSEP TRITUNGGAL/TRINITAS DALAM KRISTEN ORTHODOX



Didalam Kristen Orthodox, Allah Tritunggal bukanlah "tiga allah" atau "menyekutukan Allah" seperti yang dituduhkan kaum Muslimin. Bukan juga Tritunggal adalah Bapa, Putra, dan Roh Kudus yang adalah Yesus sendiri atau Allah, Isa, dan Maryam adalah Tritunggal atau Allah yang terpisah satu sama lain Bapa sendiri, Putra sendiri, dan Roh Kudus sendiri.

YANG BENAR MENURUT ALKITAB, Tritunggal menunjuk kepada keberadaan Allah itu sendiri yaitu Allah(Bapa) sama dengan Alloh SWT dalam Islam. Firman/Sabda Allah dalam Kristen, sama dengan Kalimatullah dalam Islam. Roh Allah/Roh Kudus dalam Kristen, sama dengan Rohullah. Lalu siapakah Yesus(Isa) itu? Dalam agama Kristen Orthodox Yesus adalah Firman/Sabda(Yoh 1:1-3) yang nuzul dan telah menjadi manusia/nabi(Mat 21:11) melalui perantaraan wanita yaitu Siti Maryam(St Maria). Seperti konsep Islam juga, Kalimatullah nuzul kedunia (menjadi Kitab/Al-Quran) melalui perantaraan Muhammad. Jadi disini, Kristen maupun Islam mempunyai konsep yang sama tentang Allah. Islampun mempercayai bahwa Alloh SWT itu ESA, dan Alloh dapat berfirman, dan mempunyai Roh yang menghidupkan Alloh sehingga dapat berbicara. Kristenpun juga mempercayainya.

Yang disebut Allah Tritunggal Kristen Orthodox ialah menunjuk kepada keberadaan Allah(Bapa) yang ESA itu. Firman/Sabda(Putra) Allah(sehingga Allah dapat berfirman/berbicara melalui nabi). Roh Allah/Roh Kudus(sehingga Allah hidup).

Intinya Tritunggal/Trinitas bukanlah menunjuk kepada JUMLAH Allah, melainkan KEBERADAAN Allah Yang ESA, FirmanNya Yang ESA, dan RohNya Yang ESA pula dalam SATU DZAT(bukan Zat dalam ilmu KIMIA).

Dalam agama Islam, Yesus(Isa) memang hanya nabi biasa. TAPI dalam kepercayaan Kristen Orthodox, Isa Almasih(Yesus Kristus) adalah Firman Allah yang turun kedunia menjadi manusia(Nabi). Yesuspun juga disebut Nabi dalam Alkitab ("Dia Nabi Yesus, dari Nazaret di Galilea," jawab orang banyak yang mengiringi Yesus. Mat 21:11 Dalam terjemahan asli Yunani) Tetapi Nabi yang adalah FIRMAN ALLAH ,bukan MANUSIA BIASA yang tidak mempunyai kodrat ILAHI seperti dalam ajaran Islam.

Memang Yesus(Isa) dalam Kristen dan Yesus(Isa) dalam Islam BERBEDA. Karena Kristen adalah Kristen, dan Islam adalah Islam. keduanya BERBEDA. Kalau sama, tidak mungkin ada agama Kristen dan juga agama Islam. Islam TIDAK boleh memaksakan kehendaknya pada Kristen untuk menyuruh percaya, bahwa Yesus(Isa) adalah nabi biasa yang bukan Ilahi. Kristenpun juga TIDAK boleh memaksakan kehendaknya kepada Islam untuk mempercayai Yesus(Isa) sebagai Tuhan dan Nabi Agung yang adalah INCARNATUS(penjelmaan menjadi manusia) dari Firman Allah.

Ada tertulis dalam Al-Quran, "Untukmulah agamamu, untukkulah agamaku".
Agama merupakan HAK AZASI setiap orang yang memeluknya. Kita TIDAK boleh MEMAKSAKAN agama kita kepada orang lain, atau menjelekan agama lain menuruk kacamata agama tertentu.

Semoga Damai dari Allah sang Bapa(Allah yang ESA), sang Putra(Firman yang telah menjadi manusia), serta sang Roh Kudus(Roh Allah yang menghidupkan) menyertai engkau semua, selama-lamanya. Amin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HARAP MENCANTUMKAN NAMA, EMAIL(HP/TLPN RMH). WAJIB DICANTUMKAN